Asus Gak Kebagian Sanpdragon 835, Zenfone 4 Bakal Pakai Mediatek?

Asus tidak berhasil memboyoong chipset terbaru dari Snapdragon yakni versi 835. Hal ini memunculkan kabar bahwa Zenfone 4 bakal pakai Mediatek, sebagai pusat pemerosesan data yang dimiliki smartphone terbaru dari Asus ini. Sebenarnya Asus mempunyai opsi lainnya selain Snapdragon 835, yakni Snapdragon 821. Tapi mereka tidak ingin hp android terbaru mereka malah turun kelas, dengan memakai chipset yang lebih lawas.

Selain itu perusahaan asal Taiwan ini, bisa menunggu sampai Qualcomm kembali menyediakan pasokan berikutnya dari Snapdragon 835. Tapi mereka khawatir jadwal peluncuran Zenfone 4 akan molor hingga bulan Juni, dan berpotensi bentrok dengan peluncuran iPhone generasi baru.

Zenfone 4 Bakal Pakai Mediatek

zenfone 4 bakal pakai mediatek

Pilihan lain yang dapat mereka ambil adalah, Asus harus beralih menggunakan Mediatek untuk smartphone terbarunya. Hanya opsi ini yang tersedia bagi Asus, karena Intel yang dulu pernah memasok chipset untuk hp Zenfone seri pertama, sudah tidak memproduksi prosesor mobile lagi.

Mediatek saat ini baru saja merekrut mantan CEO Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) Rick Tsai. Rick sebelumnya mengenal dan dekat dengan banyak petinggi Asus, posisi Rick di Mediatek tentu bisa menjadi jembatan kerjasama antara Asus dan Mediatek.

Asus sendiri gagal mendapatkan chipset Snapdragon 835, karena kalah start oleh Samsung dan Xiaomi, yang sudah lebih dulu mengamankan stok chipset tersebut. Sementara untuk LG dan Asus harus menunggu produksi gelombang kedua, bila ingin memboyong Snapdragon 835 untuk smartphone terbaru mereka.