Mengharukan! Konsep Dibalik Gadget Canggih Xbox Adaptive Controller

53

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Teknobos.com – Info Gadget – Microsoft baru saja mengumumkan “Adaptive Controller” baru, yang dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas. Persembahan Microsoft terbaru itu bernama Xbox Adaptive Controller,dimana controller tersebut berfungsi sebagai hub untuk berbagai perangkat.

Microsoft menyatakan bahwa Xbox Adaptive Controller pada awalnya dikonsepkan untuk membuat game lebih mudah diakses khususnya oleh orang-orang dengan disabilitas.

Xbox Adaptive Controller Untuk Gamer Penyandang Disabilitas

Pada video promosinya Microsoft menampilkan bagaimana Adaptive Controller baru ini dapat bermanfaat bagi mereka yang merasa sulit bermain karena keterbatasan fisik tertentu.

Di situ dapat terlihat bagaimana para gamer berkebutuhan khusus ini dapat bermain dengan satu tangan dan satu kaki, atau satu tangan dan bahu mereka, atau bahkan satu kaki dan dagu mereka.

Coba simak di video berikut ini:

Kontroler itu sendiri mencakup tombol D-Pad, menu, dan dua tombol A dan B yang sangat besar, sekaligus juga dilengkapi dengan seluruh host jack 3,5mm di bagian belakang. Dimana masing-masing jack sesuai dengan tombol pada controller yang spesifik.

 

xbos adaptive controller untuk gamer disabilitas

Seperti namanya, pengaturan dan penyetelan Xbox Adaptive Controller dapat diubah dari game ke game, yang pada akhirnya disesuaikan dengan kebutuhan khusus masing-masing individu untuk memfasilitasi pengalaman yang lebih lancar dan lebih akomodatif, apa pun judulnya.

Terlebih lagi, perangkat keras terhubung ke berbagai eksternal, tombol, mounts (penyangga layar) , dan joystick untuk membantu membuat game lebih mudah diakses oleh semua orang. Canggih sekali bukan?

Akan tetapi tentu hal itu tidak akan menjadi solusi lengkap untuk semua game, tetapi melalui penggunaan periferal dan kemampuan untuk memetakan kembali tombol, Xbox Adaptive Controller dapat menawarkan kemungkinan yang hampir tak terhitung banyaknya.

Diakui Microsoft bahwa gadget ini dikerjakan bertahun-tahun. Namun mereka menyadari pencapaian ini masih merupakan langkah kecil dari sebuah perjalanan panjang.