Teknobos
Tech in Touch

Diramalkan Windows Phone Akan Punah Dalam 4 Tahun Kedepan

Windows Phone Akan Punah – Beberapa tahun lalu kita mengenal smartphoe yang dibekali sistem operasi hasil pengembangan Microsoft, Windows Phone mereka menyebutnya. Pada awal-awal kemunculannya, memang ponsel pintar ini cukup menarik perhatian para penggemar gadget. Namun seiring berjalannya waktu, eksistensi dari ponsel pintar Microsoft itu semakin tergerus oleh Android dan IOS.

Windows Phone Akan Punah Dalam 4 Tahun Kedepan

Diramalkan bahwa sistem operasi hasil pengembangan Microsoft yakni Windows Phone, akan punah dalam waktu  yang tidak terlalu lama. Kemungkinan dalam 4 tahun kedepan tepatnya sekitar tahun 2021, sistem operasi ini akan benar-benar hilang dari dunia smartphone.

Ramalan itu dinyatakan oleh IDC (International Data Corporation) yang merupakan lembaga riset pasar Amerika, mereka mengatakan punahnya Windows Phone akan tercapai ketika pangsa pasarnya sudah menyentuh angka 0.0 persen. IDC menyebutkan pada tahap pertama kepunahannya, sistem operasi besutan Microsoft itu akan mengalami penurunan pangsa pasar hingga 0.1 persen, pada tahun 2017 ini. Presentase tersebut setara dengan 1.8 juta unit ponsel yang masih beredar.

diramalkan-windows-phone-akan-punah

Kemudian dari angka 0.1 persen itu, pangsa pasarnya secara perlahan akan terus menurun, hingga mencapai angka 0 persen. Pada presentase tersebut setara dengan 800 ribu unit smartphone yang masih tersisa di peredaran. Ketika total unit windows phone semakin sedikit yang tersisa, maka smartphone tersebut semakin mendekati kepunahannya.

Penyebab punahnya Windows Phone

IDC mengatakan penyebab dari kepunahan sitem operasi besutan Microsoft tersebut, dikarenakan perusahaan tidak memiliki rekanan produsen smartphone yang cukup banyak. Microsoft juga terlihat tidak berminat lagi menciptakan Windows Phone terbaru, mereka juga enggan menjalin kerjasama dengan perusahaan produsen gadget lainnya.

Setelah sebelumnya bekerjasama, saat ini Nokia lebih memilih menggunakan Android ketimbang Windows Phone, sebagai sistem operasi smartphone mereka.

windows-phone-akan-punah

Penyebab lain dari punahnya OS Microsoft itu, karena popularitasnya yang kalah dengan sistem operasi smartphone lain, yakni Android dan IOS. Kedua sistem operasi itu masih menjadi primadona bagi para penggila gadget, karena keduanya selalu memberikan inovasi serta trobosan terbaru demi menarik minat konsumennya.

smartphone flagship
Baca juga:
Mengapa Smartphone Flagship Bukan Yang Terbaik? Ini Alasannya

IDC memprediksikan Android dan IOS masih menjadi sistem operasi smartphone yang paling berjaya saat ini. OS Android sendiri mencapai 1.3 miliar pengguna pada tahun ini, dan akan meningkat hingga 15 miliar pada tahun 2021. Sementara IOS pada tahun ini sudah memiliki pengguna mencapai 226 juta, dan akan naik menjadi 258 juta pada tahun 2021 mendatang.