Cara Mengatasi Windows 10 Not Responding

Kamu pernah mengalami Windows 10 not responding? Tentunya ini adalah hal yang mengesalkan dan mengganggu bukan? Apalagi jika kamu sedang berada di tengah suatu pekerjaan penting yang harus segera kamu selesaikan. Belum lagi jika kamu belum sempat menyimpan dokumenmu. Jangan panik, yuk simak cara untuk mengatasinya di bawah ini.

Ampuh tangani Windows 10 not responding

Windows 10 not responding - Tips

Problem ini muncul biasanya karena banyaknya program yang sedang dijalankan dalam waktu bersamaan di komputer maupun laptopmu. Ini berkaitan dengan aktivitas RAM dan CPU yang berlebih apalagi jika ukuran keduanya kecil. Untuk menangani problem yang satu ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Pertama, tekanlah tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan yang terdapat di keyboard secara bersamaan.
  2. Kedua, pilihlah “Task Manager”. Ini akan menampilkan semua program yang sedang dijalankan oleh komputer atau laptopmu.
  3. Ketiga, carilah program yang berhenti bekerja tiba-tiba. Biasanya hal ini ditandai dengan kata-kata “Not Responding”.
  4. Setelah kamu menemukan program-program yang berhenti bekerja, klik kanan pada program tersebut.
  5. Setelahnya akan muncul beberapa opsi, kamu pilih opsi “End Task” ya. Ini akan membuat program not responding tersebut ditutup paksa.
  6. Terakhir, kamu bisa menutup “Task Manager”.

Namun perlu untuk kamu ingat, agar hal ini tidak terulang kembali di lain waktu sebaiknya kamu memperhatikan poin-poin berikut ya:

  1. Jangan terlalu banyak membuka banyak program secara bersamaan. Ini akan membebani komputer atau laptopmu. Kamu tentu tidak ingin komputer atau laptopmu cepat rusak bukan?
  2. Ingatlah berapa kapasitas RAM dan CPU dari komputermu sebelum membuka banyak program secara bersamaan. Jangan membuka banyak program dan aplikasi secara bersamaan jika RAM dan CPU dari komputermu kecil maupun tidak terlalu besar.
  3. Jangan memaksa komputer atau laptopmu membuka banyak program atau aplikasi dalam jumlah banyak secara bersamaan. Jika kamu tetap melakukannya, maka program-program atau aplikasi-aplikasi tersebut bisa berhenti berjalan.

Itulah cara menangani Windows 10 not responding yang bisa kamu lakukan. Namun selalulah ingat untuk tidak membebani komputer maupun laptopmu dengan membuka banyak program dan aplikasi dalam satu waktu ya. Semoga berhasil.

Baca juga tips komputer dan tips smartphone lainnya.