Ini dia Penyebab Masalah WiFi Tidak Terdeteksi di HP Android

justswipe.com
58,044

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

WiFi Tidak Terdeteksi – Bagi kamu yang sering mengalami masalah WiFi tidak terdeteksi di hp Android, pasti ingin tahu mengapa masalah tersebut muncul. Ada banyak faktor dan penyebab yang mengakibatkan WiFi tidak terdeteksi. Apa saja? Berikut ini akan disajikan informasinya.

Penyebab WiFi Tidak Terdeteksi Di Android

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan WiFi tidak dapat terdeteksi di hp android. Jika ada banyak penyebabnya, maka secara otomatis cara untuk mengatasi WiFi tidak terdeteksi di smartphone, pastinya juga beragam.

Sebelum menentukan cara mengatasi WiFi tidak terdeteksi pada android. Kamu harus tahu terlebih dahulu, apa saja penyebab WiFi tidak dapat terdeteksi pada hp android.

Penyebab 1: Modem WiFi

1 Penyebab Masalah WiFi Tidak Terdeteksi di HP Android
allwhitebackground.com

Modem WiFi bisa menjadi penyebab utama WiFi tidak terdeteksi. Cobalah sesekali cek router atau modem WIFi kamu, apakah telah menyala atau belum. Jika belum, kamu tinggal menghidupkannya saja. Selain itu, kamu juga perlu cek apakah paket data atau kuota internet pada WiFi kamu masih ada. Jika telah habis, maka kamu perlu mengisi ulang terlebih dahulu.

Namun jika kamu tidak menggunakan WiFi pribadi dan justru menggunakan WiFi publik, kamu bisa bertanya langsung dengan petugas di sekitar kamu. Jika kamu berada di cafe atau restoran, maka kamu sebaiknya tanya kepada pelayan cafe tersebut. Jika ternyata modem mereka baik-baik saja, berarti ada masalah lain.

Penyebab 2: Koneksi WiFi Pada Ponsel

2 Penyebab Masalah WiFi Tidak Terdeteksi di HP Android
androidcentral.com

Terkadang yang menjadi masalah WiFi tidak terdeteksi di hp android, adalah terjadi masalah pada ponsel itu sendiri. Kamu bisa memulainya dengan memastikan, bahwa ada koneksi dari WiFi terdekat. Jika tidak terdeteksi, coba kamu buka daftar WiFi yang terkoneksi.

Jika tempat telah penuh, kamu bisa menghapus yang tidak akan kamu gunakan lagi. Karena jika penuh, WiFi manapun tidak akan pernah terdeteksi kecuali dengan menghapus salah satunya. Dengan cara ini, nanntinya hp android kamu bisa mendeteksi koneksi WiFi yang terkoneksi dengan merefresh daftar koneksi.

Cara Cek Status WiFi Dengan Aplikasi Phone Tester

3 Penyebab Masalah WiFi Tidak Terdeteksi di HP Android
Playstore

Tidak jarang bahwa masalah ini ternyata tidak bersumber pada kedua perangkat. Untuk itu, kamu perlu mengecek status WiFi kamu, agar tahu dimana letak masalahnya. Kamu bisa menggunakan Phone Tester yang merupakan aplikasi untuk mendeteksi hardware pada smart phone.

Download aplikasinya dan install. Setelah itu, jalankan aplikasi dan temukan menu “WiFi status”. Dengan mengetuk menu tersebut, kamu akan dengan mudah melihat status WiFi, apakah bekerja dengan baik atau tidak.

Jika ternyata masalah di atas bukanlah penyebab masalah WiFi tidak terdeteksi di hp Android, kamu perlu melakukan servis android kamu agar fungsi WiFi kembali dapat digunakan.