Pengguna WhatsApp Dapat Menonton Video Sembari Chatting

2,449

WhatsApp secara sah menggelontorkan fitur Picture in Picture (PiP) guna pemakai ponsel Android. Fitur ini memungkinkan pemakai untuk menyaksikan video YouTube, Instagram, dan Facebook sembari chatting tanpa mengganti aplikasi. Fitur tersebut sejatinya sudah diujicoba selama beberapa bulan belakangan ini.

Kini fitur tersebut muncul pada WhatsApp versi 2.18.280 yang bisa kalian unduh langsung dari Play Store. Melalui fitur ini, saat lawan bicara anda mengirimkan pesan berupa link video YouTube, Instagram, maupun Facebook, video itu akan terputar pada suatu layar kecil.

WhatsApp Picture in Picture

Whatsapp video - News - Tips - Teknobos.com

Sehingga pemakai dapat menonton video tersebut seraya chatting. Mekanisme ini memudahkan pemakai ketika hendak berbagi referensi video kepada orang lain dan berkeinginan untuk membahasnya. Percakapan dapat dilaksanakan lebih real-time sebab tidak terdapat jeda waktu guna keluar-masuk aplikasi.

Senin (17/12/2018), kendati demikian tidak seluruh video bisa diputar melewati fitur ini. Video yang dapat disaksikan seraya chatting hanya video-video dari YouTube, Instagram, dan Facebook.

Lantas bagaimana teknik memanfaatkan fitur PiP ini? Cara mudah, yaitu pengguna tinggal menyalurkan tautan video Instagram, Facebook, atau YouTube, yang kita rasa menarik saat mengobrol dengan rekan via WhatsApp. Tapi butuh diingat, pemakai harus menantikan sampai link tersebut menimbulkan thumbnail video beserta rinciannya.

Jika tidak, maka yang bakal diterima pemakai lain melulu sebatas link dan fitur PiP tidak akan hadir pada tautan ini. Setelah video beserta thumbnailnya dikirim, penerima perlu mengurangi tautan itu, kemudian layar kecil otomatis muncul di dalam jendela WhatsApp. Teman dapat melakukan sekian banyak tindakan atas video, mulai dari jeda (pause), putar (play), dan berhenti (stop).

Fitur ini telah lebih dulu muncul di WhatsApp yang berbasis iOS pada Mei lalu. Meskipun fitur PiP ini telah mulai populer semenjak tahun lalu, perlu waktu selama satu tahun untuk WhatsApp untuk membawa fitur ini ke dalam aplikasi. Hadirnya fitur PiP secara sah ini menjadi suatu keunggulan untuk WhatsApp dibanding software pesan instan lainnya. Pasalnya untuk saat ini belum ada software pesan instan lainnya yang mempunyai fitur tersebut.

Baca juga artikel mengenai berita teknologi dan tips lainnya dari Teknobos.