WhatsApp Menerapkan Verifikasi Dua Langkah, Ini Cara Mengaktifkannya

Seiring perkembangan zaman yang makin pesat, tentu saja pengamanan sebuah akun juga dibutuhkan. Hal inilah yang ditawarkan oleh salah satu aplikasi chating terbesar saat ini yaitu WhatsApp. Untuk memberikan rasa aman bagi para penggunanya. Untuk itulah aplikasi chating ini menerapkan verifikasi dua langkah (two-step verification) pada sistem mereka.

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya sistem verifikasi WhatsApp menggunakan nomor telpon pengguna. Aplikasi tersebut akan mengirimkan kode verifikasi melaui pesan singkat SMS ataupun telpon. Kemudian pengguna diharuskan memasukan kode itu saat mengaktifkan layanan chatingnya.

Demi menambah rasa aman bagi para pengguna aplikasi tersebut, pihak pengembang menambahkan sistem verifikasi kedua. Yang bisa diaktifkan sendiri oleh pengguna melalui menu setting pada aplikasi.

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Pada WhatsApp

Untuk bisa mengaktifkan sistem verifikasi ini, pastikan terlebih dahulu aplikasi WhatsApp pada ponselmu merupakan versi terbaru. Jika belum silahkan update dahulu aplikasinya melalui Play Store bagi pengguna android, dan App Store bagi para pengguna IOS. Bila sudah dipastikan aplikasi WA milikmu versi paling baru. Selanjutnya masuk ke menu Settings > Accounts > Two-step verification > dan Enable.

1.Membuat passcode

verifikasi dua langkah

Bila kamu sudah meilihat halaman untuk memasukan passcode, maka tuliskan passcode sesuai keinginan kamu. pastikan kamu selalu mengingat code tersebut atau membackupnya. Selanjutnya kamu akan diminta memasukan kembali passcodemu tadi, setelah itu tekan tombol next.

2.Masukan email untuk pemulihan

email-verifikasi-dua-langkah

Kemudian kamu akan diminta untuk memasukan alamat email. Nantinya email tersebut akan digunakan untuk memulihkan passcodemu jika suatu waktu kamu lupa kombinasi kodenya. Selanjutnya kamu harus menuliskan kembali emailmu tersebut, setelah itu tekan tombol save.

3.Aktivasi verifikasi dua langkah berhasil

verifikasi-dua-langkah-done

Bila semua langkah sudah kamu ikuti berarti verifikasi tersebut sudah diaktivasi. Bila suatu saat kamu membeli smartphone baru tapi tetap ingin menggunakan nomor lamamu untuk nomor WhatsApp, kamu akan diminta memasukan kembali passcode yang tadi kamu buat.

Oleh karena itu kamu harus menghafal dan mengingat kode yang kamu buat tadi. Bila kamu lupa kombinasi kodenya nantinya kamu bisa menggunakan email yang tadi juga sudah kamu tuliskan. Dan pastikan agar passcodemu itu tidak diketahui oleh orang lain.

cara-mention-grup-whatsapp
Baca juga:
Cara Mention Teman Grup Whatsapp Dengan Mudah

Sistem verifikasi semacam ini juga digunakan oleh Facebook dan Google. Namun yang membedakan adalah kode kedua situs tersebut sistem yang membuatnya, untuk kemudian dikirimkan ke pengguna melalui SMS. Kalau aplikasi WhatsApp ini justru penggunanya yang disuruh membuat passcodenya sendiri.

Itu tadi cara untuk mengaktifkan sistem verifikasi dua langkah yang dimiliki WhatsApp. Sehingga akun penggunanya jadi lebih aman dari kejahatan para hacker ataupun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena memang sitem ini dibuat untuk memberi rasa aman bagi para pengguna aplikasinya.