WhatsApp Status Kini Hadir Bagi Penggunanya Di Indonesia

WhastApp resmi membawa fitur yang serupa Snapchat pada aplikasi chating miliknya, fitur baru ini meraka sebut WhatsApp Status. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk memajang foto, video pendek dan file format GIF sebagai status mereka di aplikasi ini. Tapi pihak pengembang sengaja membuat status tersebut hilang secara otomatis, setelah 24 jam dipublis.

Sebenarnya sudah beberapa waktu lalu, mereka menyematkan fitur tersebut ke dalam aplikasi chating terpopuler ini. Tapi bagi penggunanya di Indonesia baru perhari ini 23 Februari 2017, baru bisa merasakan fitur status tersebut. Untuk bisa menjajal fitur ini, kamu harus memastikan terlebih dahulu kalau aplikasi WhatsApp kamu adalah yang terbaru.

Cara Menggunakan WhatsApp Status

Cukup mudah untuk bisa menjajal fitur terbaru dari WhatsApp ini, selama pada ponsel androidmu terinstal versi terbaru dari aplikasi chating ini. Bagaimana cara menggunakannya, mari kita bahas langkah-langkahnya:

1.Update dulu WA kamu ke versi terbaru

update-whatsapp

Untuk bisa mencoba fitur terbaru ini, kamu harus update dulu aplikasi WA kamu ke versi terbaru melalui Google Play Store.

2.Buka aplikasi WhatsApp

buka-whatsapp

Saat membuka aplikasi WA versi terbaru, kamu akan menemukan tampilan yang berbeda pada aplikasi ini. Pada bagian atas kamu akan melihat tab Kamera, Chat, Status dan Call. Sementara pada tampilan lama tab yang tersedia adalah Call, Chat dan Contact.

3.Masuk ke tab Status

buka-tab-status

Langkah berikutnya silahkan kamu masuk ke tab Status, untuk kemudian kamu bisa membuat konten yang hendak dipublis. Untuk merekam video pendek atau mengambil foto, kamu bisa pilih tombol pada bagian kanan atas yang berbentuk lingkaran dan tanda plus. Cara lainnya kamu bisa pilih tab kamera dari tampilan awal.

Selain foto dan video pendek, kamu juga bisa memajang gambar berformat GIF pada statusmu. Kamu juga bisa menggunakan file foto dari galeri smartphone milikmu, tapi video yang ingin dipublis harus memiliki durasi maksimal 35 detik.

4.Berikan sedikit sentuhan pada foto kamu

stiker-status

Bila kamu sudah mengambil foto, atau menentukan foto yang akan dijadikan status. Sebelum dipublis kamu bisa memberikan foto tersebut sedikit sentuhan artistik, menggunakan sticker dan kamu bisa juga menuliskan teks pada foto tersebut. Proses ini persis dengan fitur yang terdapat pada aplikasi Snapchat.

5. Mengatur privacy Setting WhatsApp Status

privacy-setting

Setelah konten WhatsApp Status kamu siap dipublis, sebelum itu kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat statusmu tersebut. Terdapat tiga pilihan Privacy Setting yaitu:

  • My Contact, untuk membagikan ke semua kontak yang ada di ponsel kamu.
  • My Contact Except, membagikan ke semua kontak, kecuali beberapa kontak yang kamu tentukan sendiri.
  • Only Share With, membagikan ke beberapa kontak saja yang kamu pilih.
whatsapp-verifikasi-dua-langkah
Baca juga:
WhatsApp Menerapkan Verifikasi Dua Langkah, Ini Cara Mengaktifkannya

Jika sudah menyesuaikan Privacy Setting tadi, kamu tinggal mempublis konten statusmu itu. Tapi yang perlu kamu ingat adalah, WhatsApp Status milikmu hanya akan ditampilkan selama 24 jam saja, setelah itu konten statusmu kamu akan hilang secara otomatis.