Teknobos
Tech in Touch

Dikabarkan WhatsApp Siap Bikin Saingan LINE Pay e-cash

Dikabarkan WhatsApp akan membuat sebuah fitur pembayaran pada aplikasinya, yang serupa dengan fitur pembayaran Pay e-cash pada LINE. Bocoran ini beredar setelah WhatsApp India mengumumkan informasi lowongan pekerjaan. Bila benar adanya, maka fitur terbaru WhatsApp ini, akan menjadi saingan LINE Pay e-cash.

Pada pengumuman lowongan pekerjaan itu, diinformasikan salah satu perusahaan pemilik aplikasi chatting ini, sedang mencari pekerja untuk posisi Digital Transactions Lead. Posisi yang sedang mereka cari ini, memberikan sinyal bahwa mereka sedang mengembangkan fitur pembayaran pada aplikasi WhatsApp.

WhatsApp Akan Bikin Saingan LINE Pay e-cash

Di dalam pengumuman lowongan pekerjaan itu, juga disebutkan bahwa mereka sedang mencari kandidat yang memahami teknologi UPI dan BHIM. Kualifikasi yang diberikan itu menunjukan bahwa mereka sedang mencari ahli sistem pembayaran elektronik. Karena kedua teknologi tersebut adalah dasar dari fitur pembayaran berbasis mobile.

Unified Payment Interface (UPI) adalah, sistem pembayaran satu jendela pada perangkat mobile, sistem ini diluncurkan oleh National Payments Corporation of India (NPCI). Sistem ini dirancang untuk memberikan kemudahan, yang aman dan nyaman bagi pengguna, dalam satu antarmuka. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan pengiriman dan penerimaan uang menggunakan smartphone dengan satu metode identifikasi.

whatsapp bikin saingan line pay e-cash

Sementara BHIM (Bharat Interface for Money) adalah aplikasi mobile yang juga dikembangkan oleh National Payments Corporation of India (NPCI) berdasarkan Unified Payment Interface (UPI). Aplikasi mobile ini diluncurkan oleh Perdana Mentri India Narendra Modi, pada bulan Desember 2016 lalu di New Delhi.

Perwakilan dari pihak WhatsApp sendiri memberikan pernyataan, bahwa India menjadi negara yang penting bagi mereka. Dan mereka ingin mencari cara, agar bisa memberikan lebih banyak kontribusi untuk visi digital India. Mereka juga mencari cara, bagaimana agar mereka bisa bekerja sama dengan perusahaan, yang ingin berbagi visi ini.

Namun kabar tersebut masih bersifat rumor, karena pihak WhatsApp sendiri belum memberikan tanggapan resmi terkait hal ini. Tapi bila benar mereka sedang mengembangkan, sistem pembayaran yang bisa menjadi saingan LINE Pay e-cash. Maka para pengguna aplikasi chatting WhatsApp, akan bisa menikmati kemudahan sistem pembayaran berbasis mobile layaknya dompet virtual.