Teknobos
Tech in Touch

Update Instagram: Siaran Ulang Live Stories Bisa Dibagikan

Update Instagram – Para pengguna Instagram sudah bisa membagikan video langsung sejak akhir tahun lalu, atau tepatnya pada bulan November 2016 kemarin. Kali ini layanan jejaring sosial tersebut meluncurkan update terbaru, untuk mendukung fitur live stories pada aplikasi Instagram itu.

Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna untuk berbagi tayangan ulang dari video siaran langsung mereka. Nantinya video yang disiarkan secara langsung itu dapat dibagikan kembali, dalam batas waktu 24 jam meskipun siaran langsungnya sudah berakhir.

Update Instagram: Tayangan Ulang Live Video Bisa Dibagikan

Update Instagram Siaran Ulang Live Stories Bisa Dibagikan
source: androidauthority

Pembaruan yang dihadirkan oleh aplikasi Instagram ini telah ditambahkan tombol “Share“, tombol itu akan muncul di bagian bawah layar setelah video langsung yang direkam berakhir. Dengan begitu pengguna dapat menambahkan video siaran ulang tersebut ke Instagram Stories selama 24 jam.

Sebagai alternatif, pengguna juga dapat menghapus video siaran langsung tersebut dengan mengetuk toggle, untuk kemudian pilih opsi “Discard“. Saat pengguna menonton kembali video siaran ulang miliknya sendiri, pengguna juga dapat melihat jumlah pengguna yang telah menonton video tersebut secara langasung.

Jika kita memiliki teman yang telah membagikan tayangan ulang video siaran langsung mereka, maka kita akan melihat tombol “Play” di bawah foto mereka. Tombol putar video itu akan terlihat pada bilah Stories, tepatnya di bawah foto profil mereka.

Kita dapat mengetuk tombol “Play” itu untuk menonton atau menyaksikan tayangan ulang video siaran langsung tersebut. Kita juga dapat melihat komentar-komentar serta jumlah like yang ikut disertakan, dan merupakan bagian video langsung yang asli.

Tayangan ulang live video seperti milik Facebook

1 Update Instagram Siaran Ulang Live Stories Bisa Dibagikan
source: androidauthority

Bila diperhatikan lebih seksama, fitur berbagi tayangan ulang video siaran langsung ini, trelihat mirip dengan fitur yang dimiliki Facebook. Perbedaannya hanya dari segi batas waktu penayangannya saja, jika pada Instagram tayangan ulang tersebut hanya bisa dibagkan selama 24 jam. Sedangkan di Facebook, tayangan ulang video siaran langsung dapat dibagikan di Timeline, dan tidak ada pembatasan waktu penayangan.

Jika kita mengetuk layar ke arah kanan pada tampilan tayangan ulang. Maka yang akan terjadi adalah video akan dipercepat ke segmen 15 detik berikutnya. Sementara itu bila sambil mengetuk sebelah kiri, maka akan menyebabkan video kembali ke segmen waktu yang sama.

Bila teman Instagram kita telah membagikan lebih dari satu video tayangan ulang. Maka kita dapat melompati video tersebut dengan mengetuk tanda panah di bagian atas.

Secara garis besar, itulah pembaruan yang dihadirkan dari update Instagram versi terbaru tersebut. Update Instagram terbaru ini hadir dalam versi 10.26, yang diluncurkan kepada para pengguna android di Google Play Store. Namun di beberap wilayah pembaruan aplikasi android ini belum bisa didapatkan, mungkin masih menunggu proses distribusi dalam beberpa hari ke depan.