Cara Mengaktifkan Two Factor Authentication Di Instagram

Sebelumnya kita sudah pernah membahas pengertian dan fungsi Two Factor Authentication, yang terdapat pada media sosial maupun layanan berbasis online lainnya. Sistem pengamanan ini memang cukup berguna, mengingat sekarang ini marak terjadi pembajakan akun sosial media. Yang kemudian akun yang telah dibajak akan dialih fungsikan untuk keperluan lain, oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Belum lama ini Instagram yang merupakan salah satu jejaring sosial terlaris saat ini, juga telah mendukung Two Factor Authentication. Fitur pengamanan yang biasanya dikenal dengan istilah verifikasi dua langkah ini, hadir untuk memberikan rasa aman bagi pengguna Instagram.

Mengaktifkan Two Factor Authentication Pada Instagram

Fitur Two Factor Authentication pada Instagram sangatlah berguna, untuk menjaga keamanan akun. Karena dapat mencegah terjadinya pembobolan akun Instagram, yang kemudian akan berujung pada pembajakan dan pengambil alihan akun tersebut.

Meskipun terlihat sepele, nyatanya banyak pengguna Instagram yang menjadi korban pembajakan akun. Yang pada akhirnya akun mereka dialih fungsikan sebagai pusat jual beli online, dan bahkan ada yang digunakan untuk melakukan tindakan penipuan.

Jadi agar akun Instagram dapat terhindar dari adanya pembajakan, mari kita simak cara mengaktifkan fitur Two Factor Authentication pada Instagram berikut ini.

  • Langkah pertama untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah pada Instagram adalah, buka halaman profil.
  • Selanjutnya klik titik tiga berjajar vetikal yang ada di pojok kanan atas.
  • Gulir layarnya agak sedikit kebawah, kemudian cari opsi Two Factor Authentication > Require Security Code.1 Cara Mengaktifkan Two Factor Authentication Di Instagram
  • Langkah berikutnya kita akan diminta untuk memasukan nomor telepon yang aktif kita gunakan. Masukan nomor telepon selular kita pada kolom yang telah ditentukan, kemudian tekan tombol next yang ada di pojok kanan atas.2 Cara Mengaktifkan Two Factor Authentication Di Instagram
  • Bila nomor yang kita masukan benar, maka kita akan menerima pesan SMS pada nomor tersebut. Isi pesan SMS itu adalah kode verifikasi yang harus diisikan ke dalam aplikasi Instagram.
  • Kemudian kembali ke aplikasi Instagram dan masukan kode yang tadi dikirimkan ke nomor hp kita, lalu klik lanjutkan.
  • Tahap terakhir, kita akan disuguhkan beberapa daftar kode verifikasi yang bisa kita gunakan di kemudian hari. Kita akan diminta membuat screenshot ataupun menyalin daftar kode tersebut.3 Cara Mengaktifkan Two Factor Authentication Di Instagram

Setelah semua langkah di atas selesai dikerjakan, sekarang akun Instagram kita sudah aman dari resiko pembajakan akun. Karena ketika ingin melakukan login ke aplikasi, maka kita akan diminta memasukan kode yang tadi dikirimkan ke nomor hp. Sehingga tidak sembarang orang bisa masuk ke akun Instagram kita.

90%
Awesome
  • Informasi
  • Topik
  • Menarik

You might also like More from author

Comments