Tripvisto Hentikan Layanan, Ini Alasannya

498

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Tripvisto Hentikan Layanannya

Tripvisto hentikan layanannya

Situs penyedia paket wisata Tripvisto sejak bulan Juli 2017 telah menghentikan operasional mereka. Anda sudah tidak dapat lagi memesan paket wisata yang ditampilkan di situs tersebut, meskipun situs mereka masih dapat diakses. Akun media sosial Tripvisto pun sudah tidak aktif lagi sejak bulan Juli 2017.Situs perjalanan domestik dan internasional yang didirikan oleh mantan customer service ini terpaksa tutup.

Menurut Bernadus Sumartok selaku CEO Tripvisto, keputusan ini diambil karena melihat perbandingan keuntungan dan kerugian (unit economics) mereka saat ini sudah tidak memungkinkan lagi untuk melanjutkan operasional.

Operasional Tripvisto sudah mulai guncang sekitar bulan Mei 2017. Sejak saat itu, para karyawan mundur secara bertahap hingga tidak tersisa lagi saat ini.

“Pimpinan sebenarnya telah mencoba untuk memperbaiki keadaan dengan cara menjalin kerja sama dengan media dan perusahaan telekomunikasi untuk menjual paket wisata. Namun strategi tersebut juga gagal,” ujar sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Tripvisto sendiri telah mendapat pendanaan tahap awal (seed funding) dari East Ventures pada tahun 2014.

Perusahaan paket wisata ini pernah mendapat investasi Seri A senilai US$1 juta yang dipimpin oleh Gobi Partners pada tahun 2015.

Startup yang dibangun dengan modal kurang dari Rp2 Juta dan telah menghasilkan total omzet hingga miliaran rupiah ini harus gulung tikar karena pengololaan perusahaan yang buruk.

Gobi Partners menyatakan tidak bisa berkomentar karena alasan kerahasiaan informasi.

Dilain pihak, Managing Partner East Ventures Willson menyatakan bahwa komentarnya akan sama dengan pernyataan Bernardus.

Persaingan bisnis penjualan paket wisata, yang saat ini telah diramaikan oleh KKDay, Klook, hingga Tripal di Indonesia ini sangat menarik. Traveloka pun saat ini telah merambah ke bisnis travel online tersebut.

Baca juga berita lainnya.