Trik Merekam Video lewat HP Agar Hasilnya Seperti Ahli atau Pro

34

Teknobos  – Trik Merekam Video lewat HP Agar Hasilnya Seperti Ahli atau Pro – Smartphone merupakan andalan utama kita untuk mengabadikan momen penting dalam hidup. Karena itu, kamera merupakan fungsi penting untuk pengambilan gambar dan perekaman video.

Trik Merekam Video lewat HP Agar Hasilnya Seperti Ahli atau Pro

Namun, beberapa orang tidak dapat mengoperasikan kamera untuk merekam video dengan benar. Oleh karena itu, hasilnya tampak amatir dan kurang bagus.

Faktanya, jika semua orang memahami dasar-dasarnya, mereka dapat merekam video dengan baik. Untuk terlihat profesional dan terampil, pelajari lebih lanjut di sini!

1. Jangan merekam video dengan posisi vertikal

Siapa yang punya kebiasaan ini? Biasanya kita merekam video dalam posisi vertikal agar mudah dilakukan saat mengunggah video di Instagram atau WhatsApp Stories.

Video vertikal terlihat bagus di ponsel, tetapi tidak di perangkat lain. Layar komputer, TV, dan tampilan situs web semuanya memiliki tampilan lanskap alias horizontal.

Karena itu, video yang direkam dalam posisi vertikal tidak berfungsi dengan baik di perangkat lain. Video vertikal akan tampak sempit, kecil, dan memiliki rentang fokus kecil.

Sehingga Anda perlu membiasakan merekam video secara horizontal. Semoga Anda bisa mengupload video nya ke YouTube suatu hari nanti!

2. Pakai tripod agar hasilnya lebih stabil

Tidak jauh berbeda dengan kamera DSLR dan mirrorless, Anda juga membutuhkan tripod untuk smartphone. Selain itu, jika Anda ingin merekam video tertentu, seperti pengambilan gambar timelapse atau vlog. Ada beberapa jenis tripod yang beredar di pasaran, seperti tripod dengan kaki lipat dan tripod dengan kaki fleksibel.

Tak hanya itu, laman Android Authority juga menjelaskan bahwa ada tripod dengan kaki bagian bawahnya mungil yang sangat cocok untuk diletakkan di atas permukaan datar seperti meja. Tripod berguna untuk menjaga video supaya tetap stabil dan tidak guncang. Selain itu, Anda tidak perlu repot menggenggamnya dengan tangan. Anti lelah & anti pegal!

3. Kunci fokusnya secara manual, agar titik fokus di video tak berpindah-pindah

Smartphone dapat mendeteksi titik fokus dan secara otomatis menyesuaikan eksposur. Fungsi ini berguna untuk mengambil foto dengan cepat, tetapi bisa mengganggu jika diterapkan pada perekaman video. Jika bergerak sedikit, smartphone akan menyesuaikan kembali eksposur dan titik fokus. Jadi, bagaimana pengaruhnya terhadap video?

Terkadang, videonya sendiri menjadi buram, terlalu terang, atau terlalu gelap. Oleh karena itu, situs web University of St Andrews menyarankan bahwa yang terbaik adalah mengunci titik fokus secara manual. Caranya adalah dengan mengetuk layar di lokasi yang diinginkan, dan akan muncul ikon gembok yang terkunci. Dengan cara ini, fokus tidak akan bergeser ke titik lain.

Baca juga : Cara Membersihkan HP,  agar Terbebas dari Kuman