12 Tips Trik WhatsApp yang Mungkin Belum Diketahui

Trik Tips WhatsApp – WhatsApp ternyata menyimpan banyak rahasia yang mungkin belum banyak diketahui. Semenjak update tentang centang biru (tanda pesan telah terbaca), sekarang WhatsApp fitur-fitur baru yang sangat menarik untuk kita ketahui.

Seperti pada aplikasi chat lainya seperti BBM, Skyp, Messangger, Telegram, Hangout, aplikasi ini juga mempunya rahasia yang tersembunyi, mulai dari cara tulisan WhatsApp unik, mencari lokasi, Verifikasi, status. Kali ini kami akan memberikan sedikit tip trik rahasia WhatsApp yang belum banyak diketahui banyak orang.

12 Tips Trik WhatsApp

1. Cara menyembunyikan Last Seen, Profile Photo dan Status WhatsApp

Tips Trik WhatsApp cara menyembunyikan status online atau last seen,merupakan salah satu cara yang paling banyak dicari. Menyembunyikan last seen biasanya ada alasanya, begitu juga untuk Profile Photo dan Status. Kamu pun juga bisa menyembunyikannya atau memilih kepada siapa saja profile WhatsApp-mu dapat dilihat.

Caranya mudah, masuk ke Setting -> Account -> Privacy. Disitu akan muncul pengaturan untuk Last Seen, Profile Photo dan Status yang bisa kita pilih kepada siapa saja dapat dilihat baik ke semua orang, kontak kamu saja atau bahkan tidak kepada siapapun.

Jika kamu sering membuka aplikasi WhatsApp melalui Web dan ingin menyembunyikan Last Seen, Status Online atau tanda pesan terbaca kamu bisa memasang plugin ShutApp di browser kamu. Begitu ShutApp diaktifkan, kamu dapat membaca pesan di WhatsApp Web tanpa mengirimkan kalau bahwa pesan tersebut telah terbaca.

2. Cara menghilangkan centang biru pada WhatsApp

Sejak kehadirannya, centang biru memang membuat dunia seakan berubah. Kita tidak seleluasa sebelumnya yang bisa mengatur waktu yang tepat untuk membalas pesan. Namun kini, kita bisa mengatur untuk menghilangkan warna biru pada double-click tanda pesan terlah terbaca merupakan tips trik whatsapp.

Cara menghilangkan centang warna biru pada WhatsApp adalah masuk ke menu Setting -> Account -> Privacy kemudian hilangkan centang pada pilihan Read Receipts.

3. Cara mengetahui kapan pesan kamu dibaca dan oleh siapa

Pada pesan pribadi maupun grup, kamu bisa dengan mudah mengetahui kapan pesanmu terkirim dan kapan pesanmu dibaca. Sangat mudah untuk mengetahuinya, dengan cara tap dan tahan beberapa saat pesan kamu yang ingin kamu ketahui detail informasinya, kemudia tekan tombol info yang muncul di atas.

Maka kamu akan tahu kapan pesanmu terkirim dan dibaca. Bagi yang suka bermain dengan WhatsApp Group, kamu dengan mudah tahu siapa saja temanmu yang suka silent reader.

4. Cara mematikan notifikasi Grup WhatsApp

Hampir sebagian besar pengguna WhatsApp pasti mengikuti grup komunitasnya. Jika hanya mengikuti sedikit grup yang banyak ‘diam’ mungkin tidak masalah. Akan tetapi, bagaimana jika kamu mengikuti banyak grup yang berisi banyak anggota lebay, cerewet? “pucing pala berbi”

tips trik whatsapp selanjutnya adalah mematikan notifikasi grup WhatsApp, cara yang pertama adalah tekan grup yang akan di-“MUTE” atau dimatikan notifikasi-nya kemudian pilih Group Info.

  • Akan terdapat pengaturan Mute yang bisa kamu sesuaikan waktunya mulai dari 8 jam, 1 hari sampai 1 tahun! Dengan cara tap profil grub, lalu pilih mute. Tenang yang hilang hanya notifikasi-nya aja kok, jadi kamu tidak akan ketinggalan info-info dari grup WhatsApp yang kamu ikuti.

  • mematikan notifikasi semua grup WhatsApp bersamaan. Jika menurut kamu grup WhatsApp-mu tidak memiliki prioritas yang tinggi, kamu bisa menggunakan cara ini. Caranya masuk ke Setting -> Notifications. Kamu dapat mengatur nada notifikasi, vibrate dan pop-up notifikasi percakapan grup.

5. Membuat Shortcut pada Conversations WhatsApp

Jika memang kamu sering berinteraksi denganmu melalui aplikasi chat WhatsApp, tidak ada salahnya untuk membuat shortcut pada homoscreen-mu. Sehingga kamu tidak perlu bolak – balik membuka dan menutup WhatsApp untuk menulis atau membalas pesan.

Cara ini tepat untuk membuat kontak pasangan pasutri (Suami/Istri), Pacar atau keluargamu. Percakapan yang kamu pilih akan langsung memiliki shortcut pada layar utama smartphone. Caranya tap dan tahan percakapan, kemudian pilih Add Chat Shortcut.

6. Cara mengetahui lokasi teman chat-mu

Sering kali kita ditipu oleh kebohongan masal, semisal lagi OTW ni? Seringkali teman berkata sudah On the way tapi masih bersantai – santai ria, atau kita sendiri yang sering melakukan hal itu? wkwkwk “ahyasudahlah, pokoknya itu” WhatsApp menghadirkan fitur baru Share Locations, untuk mengetahui lokasi dimana kamu berada.

Ada satu cara untuk mengetahui kebohongan teman kamu pada saat memberi lokasi, seperti:

  • jika yang muncul adalah maps dengan pin merah menancap di lokasi, berarti teman kamu benar-benar menggunakan lokasi GPS aslinya. Namun apabila yang terkirim adalah maps dengan gambar jalan yang terdapat pin merah tepat pada jalan raya tersebut, patut kamu curigai (menulis secara manual lokasi) yang artinya bisa jadi dia bohong.

7. Membuat Broadcast privat

kali ini tips trik whatsapp untuk membuat (Siaran) privat kepada beberapa orang itu mudah, caranya adalah tap menu pada pojok kanan atas -> pilih New Broadcast -> tekan tombol add -> pilih kontak teman atau sahabat yang akan kamu berikan pesan berantai.

Tentu cara ini lebih privat, daripada mengirim pesan berantai ke semua kontakmu.

8. Membuat Custom Notifications

Nah, jika kamu punya grup WhatsApp yang spesial, kamu bisa menggunakan custom notifications ini untuk membedakan notifikasi dengan grup atau chat yang lain. Cara membuat custom notifications WhatsApp adalah tap grup lalu pilih grup Info.

Pada pengaturan Custom Notifications kamu bisa mengatur sendiri notifikasi sesuai keinginan. Caranya buka profile WhatsApp yang bersangkutan lalu pilih menu Custom Notifications.

9. Membuat WhatsApp tidak mendownload media secara otomatis

Salah satu cara menghemat kuota melalui WhatsApp adalah mengubah pengaturan auto-download pada WhatsApp. Cara membuat WhatsApp tidak mendownload otomatis dengan cara masuk ke menu setting -> data usage, lalu pilih sesuai keinginan kamu.

10. Membuat Backup Conversations WhatsApp

Cara membuat Backup Conversations sangat mudah, cukup tap dan tahan percakapan yang ingin kamu backup. Manfaatkan menu Email Conversations untuk mengirim percakapanmu melalui email dan menyimpannya di email.

Kamu juga punya pilihan untuk menyertakan media atau tidak.

11. Mengganti sementara nomor WhatsApp

Tadinya cara ini saya gunakan untuk mengetahui siapa saja yang memblokir nomor WhatsApp saya, maklum pengalaman pribadi heheheh. Akan tetapi, cara ini juga bisa digunakan oleh kalian yang ingin menikmati waktu bersama kelurga, teman dan liburan tanpa diganggu.

tips-trik-whatsapp

Fitur ini dapat digunakan ketika kamu menggunakan kartu SIM baru tanpa harus mendaftarkan nomor baru ke WhatsApp. Caranya pilih menu setting -> Account -> Change Number -> Masukkan nomor lama dan nomor baru yang akan kamu gunakan.

Dengan fitur Change Number ini, semua kontak kamu tetap dapat mengirim pesan ke nomor lama kamu meskipun pada saat bersamaan kamu menggunakan nomor baru.

12. Cara Menarik Pesan Saat Chating

tips-trik-whatsapp

Salah kirim pesan atau typo biasanya menjadi hal yang lumrah dan tentunya memalukan bagi kita, hal ini biasanya terjadi ketika kita terburu – buru atau sebagainya. Kali ini WhatsApp menyediakan fitur untuk menarik pesan tersebut, caranya tap chat atau pesan yang salah selama beberapa detik dan hapus.

Jangan lupa cek cara membuat status BBM yang keren dan unik.

Dengan fitur yang disediakan ini memungkinkan kita melakukan kesalahan dalam mengirim pesan.
tulisan-whatsapp-unik
Baca juga:
Cara Membuat Tulisan WhatsApp Unik, Ngobrol Jadi Keren!