5 Tips Supaya Smartphone Terhindar Dari Virus

Memiliki fungsi multiguna, membuat smartphone menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Saat ini, ponsel cerdas bukan hanya sebagai media komunikasi saja. Bahkan ada pula sebagian orang yang menggunakan handphone pintar untuk banyak hal.

Pengoperasian smartphone yang terlalu sembarangan, membut virus dapat masuk secara mudah dan menginfeksi ponsel kalian. Adabaiknya kamu harus membentengi handphone cerdas lebih dahulu sebelum terserang virus.

Tips Smartphone Terhindar dari virus

Sebenarnya banyak terdapat tips supaya smartphone terhindar dari malware berbahaya, namun 5 cara inilah yang paling ampuh demi menjauhkan ponsel kalian dari infeksi berbagai jenis virus.

1. Hindari Instal Aplikasi Dari Sumber Tidak Terpercaya

tips-smartphone-terhindar-dari-virus

Tips pertama supaya smartphone terhindar dari serangan virus berbahaya yaitu tidak asal mengistal aplikasi atau program dari tempat tidak terpecaya. Pasalnya apabila kalian mengunduh sembarangan, maka secara tanpa kalian sadari virus akan masuk dan menginfeksi smartphone dengan mudah.

2. Menggunakan Antivirus

cara-smartphone-terhindar-dari-virus

Salah satu peran penting dari antivirus adalah untuk mem-blok virus yang akan masuk, bahkan dapat men-scan virus apabila sudah terdapat di dalam handphone. Tips smartphone terhindari dari virus yaitu solusinya dengan menggunakan aplikasi antivirus yang sudah banyak beredar.

3. Tidak Menyalakan WiFi Otomatis

cara-smartphone-terhindar-virus

Meskipun WiFi sangat membantu kalian terhubung dengan dunia maya, namun adabaiknya tidak mengkoneksikan jaringan WiFi dari tempat-tempat tidak dikenal. Sebagian orang beranggapan jika menyalakan WiFi secara otomatis dapat menyebabkan virus dengan mudah masuk ke smartphone.

4. Jangan Memakai Aplikasi Tidak Dikenal

ponsel-terhindar-virus

Tidak jauh berbeda dengan mengistal aplikasi dari sumber tidak dipercaya, ternyata menggunakan program tidak dikenal juga dapat menyebabkan smartphone terserang virus. Lebih baik mengenali dahulu aplikasi yang kalian ingin unduh sebelum mengoperasikannya.

5. Memasang Perangkat Keamanan

tips-hp-terhindar-dari-virus

Biasanya, semua handphone cerdas masa kini telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang ketat. Hal tersebut semata-mata dilakukan para perusahaan smartphone demi kenyamanan pengguna, nah kalian selaku pengguna ada baiknya mengaktifkan fitur tersebut supaya memiliki keamanan super ketat dan terhindar dari virus.

Itulah tips smartphone terhindar dari virus, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian akan terjauhkan dari virus berbahaya. Selain menggunakan antivirus, ternyata juga terdapat banyak aplikasi clean master yang dapat membersihkan smartphone dan men-scan malware. Kenali ciri-ciri ponsel terkena virus supaya kalian lebih paham dan tidak asal lagi saat mengoperasikan ponsel.