Tips Supaya Ponsel Android Kamu Tidak Cepat Panas

Penggunaan ponsel Android secara berlebihan memang menjadi penyebab utama ponsel cepat panas. Maksud berlebihan di sini adalah kamu memakai ponsel seharian hanya untuk game, chatting, browsing ataupun melakukan panggilan dan sms secara terus menerus.

Saat Smartphone kamu lemot karena kebanyakan aplikasi yang berjalan secara bersamaan ini akan menyebabkan juga ponsel Android yang kamu gunakan cepat panas serta bekerja sangat lambat. Tentu saja ini akan sangat menjengkelkan bagi penguna.

Untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi sedikit tips yang bisa kamu terapkan jika Smartphone yang kamu miliki cepat mengeluarkan panas. Semoga tips dan cara dibawah dapat bermanfaat sehingga nantinya ponsel Android yang kamu punya tidak sering mengeluarkan panas yang berlebihan.

Berikut Tips Ponsel Android Agar Tidak Cepat Panas:

Belum banyak yang mengetahui bahwa suhu panas smartphone sebetulnya berbahaya. Ponsel Android ini  akan beresiko meledak atau terbakar saat suhu semakin meninggi. Untuk itulah, pengguna harus mengerti betul penyebab suhu pada smartphone meningkat agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan.

  • Matikan Aplikasi yang Tidak Penting

matikan-ponsel-android

Tanpa disadari sebenarnya hal ini sering kali kamu lakukan, membuka aplikasi yang kamu inginkan dan tidak dan lupa untuk menutupnya kembali. Selain lupa terkadang tidak bisa untuk menutup aplikasi tersebut.

Pengguna tidak benar-benar memerlukan aplikasi atau fitur tertentu, maka sebaiknya fitur ini dimatikan. Salah satunya dengan mematikan wifi atau bluetooth serta fitur vibration sehingga bisa menghemat baterai dan tidak overhating. Tips ini juga berfungsi agar menjaga kinerja mesin ponsel tidak berat dan menyebabkan panas pada ponsel Android.

  • Jangan Gunakan Ponsel saat Pengisian Daya

memainkan-ponsel-charger

Apabila kamu sedang melakukan pengisian daya atau battery charging, sebaiknya tidak menggunakan ponsel terlebih dahulu. Diamkan terlebih dahulu sampai penuh battery yang terisi baru dapat digunakan. Tetapi jika kondisi yang tidak memungkinkan kamu bisa mencabutnya terlebih dahulu untuk memakai ponsel tersebut.

Kamu tentu masih ingat dengan kasus banyaknya ledakan ponsel Android akibat digunakan saat sedang diisi daya. Kasus tersebut terjadi lantaran pengguna Smartphone tidak sabar saat melakukan charging yang memakan waktu cukup lama.

Terakhir gunakan charger yang asli dari ponsel Android kamu, jika rusak belilah yang sesuai dengan ampere baterai yang ada pada Smartphone kamu.

  • Permasalahan Pada Jaringan Ponsel Android

 sinyal-jaringan-bermasalah

Tanpa di sadari permasalahan jaringan juga dapat menyebabkan ponsel kamu menjadi cepat panas, jaringan yang terganggu seperti sulit mendapatkan sinyal akan membuat ponsel mejadi mudah panas. Selain itu aktifitas yang menggunakan data seluler seperti chatting, browsing, game juga akan menyebabkan ponsel anda menjadi mudah panas.
Gunakan provider dengan sinyal yang baik dan jarang mengalami trouble. Saran kami jangan menggunakan data seluler, gunakanlah wifi saja, jika sedang browsing, chatting dan game online dalam waktu lama.
Namun jika anda tidak punya wifi maka data seluler juga tidak apa apa, tetapi jangan lupa matikan data seluler jika tidak sedang di gunakan.
Itulah beberapa tips mengatasi ponsel Android kamu cepat panas, semoga dapat berguna dan membuat semakin berhati-hati dalam menggunakan Smartphone supaya tidak mudah panas.