5 Tips Merawat Flashdisk Agar Tahan Lama

Flashdisk merupakan salah satu alat alternatif untuk menyimpan data atau file penting, itulah kenapa kebanyakan orang mem-backup berkas ke flashdisk. Hadirnya flashdisk, dapat memudahkan kalian menyimpan file dan transfer file.

Pentingnya fungsi flashdisk dalam kehidupan sehari-hari, membuatnya tidak bisa lepas dari genggaman terutama bagi seseorang yang berkerja dikantor. Tidak hanya itu saja, flashdisk juga sering sekali digunakan oleh kalangan pelajar.

Tips Merawat Flashdisk

Apabila kalian tidak menjaga flashdisk dengan benar, maka kerusakan yang akan ditimbulkan fatal serta menyebabkan data kalian hilang. Nah, berikut ini adalah 5 tips merawat flashdisk secara tepat supaya bertahan lama dan awet.

1. Biasakan Eject Sesudah Menggunakannya

tips-merawat-flashdisk

Sering sekali kita jumpai kebiasan buruk saat menggunakan flashdisk, yaitu langsung mencabutnya tanpa meng-eject terlebih dahulu. Meskipun kalian terburu-buru, biasakan diri untuk selalu eject sebelum mengeluarkan flashdisk dari perangkat apapun.

2. Tutup Dan Copot Flashdisk Setelah Digunakan

tips-merawat-flashdisk

Salah satu tips merawat flashdisk yaitu dengan mentutup dan mencopotnya setelah digunakan, hal tersebut dilakukan semata–mata untuk menghindari debu serta virus. Lebih baik tutuplah flashdisk setelah digunakan supaya tidak ada debu yang masuk, serta copotlah flashdisk setelah dipakai agar tidak ada virus yang menginfeksi.

3. Hindari Flashdisk Terkena Air

tips-merawat-flashdisk

Tidak hanya flashdisk saja, ternyata semua barang yang berbau elektronik harus dijaga dari sentuhan air. Pasalnya air mampu membuat Flashdisk rusak dan tidak mau terbaca sama sekali bila dicolokan ke perangkat lain. Maka dari itu, lebih bijaklah dalam merawat flashdisk kalian.

4. Lakukan Scan Flashdisk Secara Teratur

tips-merawat-flashdisk

Tips merawat flashdisk yang ke empat adalah dengan melakukan scan secara berkala, hal ini dilakukan semata-mata agar ruang penyimpanan terhindar dari virus. Tanpa kalian sadari, mencolokan flashdisk ke sembarang perangkat dapat menjadikan jalan masuk virus.

5. Tidak Menjalankan File Lewat Flashdisk

tips-merawat-flashdisk

Tidak menjalankan file langsung lewat flashdisk adalah satu dari sekian banyaknya tips merawat flashdisk dengan tepat dan benar. Hal semacam ini dicontohkan seperti memutar video, musik, file dan sebagainya langsung lewat flashdisk.

Itulah tips cara merawat flashdisk, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian akan lebih bijak dalam menjaga flashdisk. Selain tips merawat, ternyata juga ada cara memformat flashdisk dengan benar dan tepat agar tidak mengalami kerusakan.