5 Tips Menjaga Privasi di Ponsel Android

Tips Menjaga Privasi Ponsel – Sebagian besar pengguna Android mungkin telah menyadari adanya masalah privasi saat menggunakan perangkat tesebut. Bagaimana tidak, Smartphone kini hampir melingkupi kebutuhan komunikasi, pekerjaan, dan lainnya. Kemajuan teknologi informasi membuat ponsel semakin beragam dan canggih dengan berbagai fiturnya.

Saat ini Smartphone menjadi barang berharga yang tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi semata. Selain untuk menelepon atau mengirim pesan singkat, ponsel merupakan alat yang digunakan pengguna untuk menyimpan data pribadi atau penting.

Privasi saat ini sedang menjadi perhatian bagi pengguna Smartphone. Untuk menjaga privasi agar tetap aman, berikut adalah langkah yang dapat diterapkan oleh pengguna Android.

Tips Menjaga Privasi Ponsel Android

  • Matikan Fitur Maps Location

menjaga-privasi-nonaktifkan-maps

Pada umumnya aplikasi peta lokasi di sebuah ponsel Android menyuguhkan layanan pencarian lokasi secara cuma-cuma alias tidak berbayar. Akan tetapi mungkin kamu belum mengetahui bahwa beberapa layanan tersebut bisa melacak keberadaan kamu dan tentunya akan secara langsung akan menyimpan lokasi kamu.

Sebaiknya saat tidak digunakan, sebaiknya kamu mematikan fitur location dengan menonaktifkan GPS. Terkadang pengguna tidak sadar GPS dalam keadaan aktif, sehingga saat berada di lokasi tertentu aplikasi dalam ponsel Android bisa mengetahui keberadaan kamu.

  • Kunci Layar Smartphone

menjaga-privasi-kunci-aplikasi

Dalam ponsel atau smartphone terdapat fitur lockscreen, yang berguna agar tidak ada orang asing yang bisa mengakses ponsel kamu dengan bebas. Untuk membuka lockscreen, tentu saja hanya pengguna atau pemilik ponsel yang mengetahui kunci tersebut.

Setiap kali mengaktifkan perangkat atau membangunkan layar, kamu akan diminta untuk membuka kunci perangkat, biasanya menggunakan PIN, pola, atau sandi.

  • Waspada Terhadap Aplikasi Asing

menjaga-privasi-aplikasi-asing

Beberapa aplikasi yang beredar mungkin sangat berbahaya karena menyimpan malware sebagai alat untuk mencuri data pribadi pengguna. Hindari instal aplikasi dari sumber yang tidak dipercaya. Karena jika malware yang sudah tertanam dalam Smartphone kamu, akhirnya dapat menimbulkan sebuah kerusakan dan dapat secara gampang disadap.

  • Mengunci aplikasi di dalam smartphone

menjaga-privasi-kunci-aplikasi-layar

Seperti pada tips yang diatas mengunci layar Smartphone, kali ini kamu dapat mencoba untuk meningkatkan keamanan dengan mengunci aplikasi Android. Caranya sangat mudah kamu bisa mendowload aplikasi lock atau applock di play store. Aplikasi yang bisa terkunci seperti Whatsapp, Line, BBM dan berbagai aplikasi lainnya.

  • Menjaga Keamanan Akun

menjaga-privasi-jaga-keamanan-akun

Jangan biarkan akun media sosial kamu dapat dibuka oleh orang lain, setelah menggunakan media sosial sebaiknya kamu melakukan log out layanan media sosialnya. Dengan demikian, mencegah orang lain melakukan tindakan usil bila kebetulan dapat mengakses akun kamu.

Diatas merupakan 5 tips untuk menjaga keamanan privasi pada ponsel Android kamu. Selalu waspada terhadap hal privaci kamu agar tidak dicuri datanya oleh orang lain. Adapun tips memperbaiki touchscreen macet, Semoga informasi ini sangat bermanfaat buat kamu semua, terima kasih.