Kuota Cepat Habis? Inilah 5 Tips Menghemat Data Internet

Smartphone saat ini telah menjadi kebutuhan yang amat sangat pokok, pasalnya dapat mempermudah aktifitas di dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi ponsel pintar yang multiguna, membuatnya sudah tidak bisa lepas dari genggaman tangan.

Adanya ponsel pintar, kalian dapat berselancar dengan mudah ke dunia maya kapanpun dan dimanapun melalui internet. Kebanyakan aktifitas penggunaan smartphone yaitu mengacu pada akses internet, itulah kenapa kuota mudah sekali habis.

Tips Menghemat Kuota Internet Smartphone

Sebenarnya, terdapat berbagai jenis cara yang dilakukan sebagian orang untuk mengurangi pemakain data internet. Nah, berikut 5 tips menghemat kuota internet supaya kantong kalian tidak jebol akibat pemborosan kuota yang berlebihan.

1. Kurangi Aplikasi Media Sosial

tips-menghemat-kuota-internet

Salah satu penyebab borosnya kuota internet adalah banyaknya aplikasi sosial media yang terdapat di smartphone kalian, pasalnya aplikasi akan terus berjalan meskipun kalian tidak membukanya. Solusi utamanya yaitu dengan menghapus sebagian sosial media yang tidak diperlukan, atau mungkin menggunakan alat alternatif lain untuk membuka mesia sosial seperti chrome dan UC.

2. Tidak Terlalu Sering Bemain Game Online

cara-menghemat-kuota-internet

Tips hemat kuota internet smartphone yang kedua yaitu jangan terlalu sering memainkan game online, game online juga dapat menyebabkan kuota terkuras banyak. Tidak hanya itu saja, game yang memiliki grafis baik juga menimbulkan pemborosan kuota berlebihan.

3. Matikan Data Saat Smartphone Tidak Digunakan

tips-hemat-kuota-internet

Matikan data smartphone ketika tidak digunakan adalah tips menghemat kuota internet berikutnya, pastikan untuk selalu mematikan data supaya tidak ada aplikasi yang berjalan di layar belakang. Cara pintar semacam ini sudah dapat dipastikan mengirit kuota, apabila tidak ingin mematikan data usahakan menggunakan mode airplane saat beranjak tidur.

4. Matikan Fitur Sinkron

tips-hemat-kuota-internet

Fitur sinkron itu sendiri merupakan sebuah pencadangan secara otomatis, seperti mencadangkan foto, chat, aplikasi dan lain-lain kedalam google drive. Ada baiknya matikan saja fitur tersebut supaya tidak memakan kuota berlebihan dan gunakan fitur sinkron secara manual.

5. Gunakan WiFi Ketika Update Aplikasi dan Program

cara-hemat-kuota-internet

Tips menghemat kuota internet yang terakhir yaitu dengan menggunakan WiFi ketika ada aplikasi atau program yang meminta untuk diupdate. Cara yang satu ini cukup efisein, pasalnya update atau pembaruan suatu aplikasi akan mengambil banyak data internet.

Itulas tips hemat kuota internet yang mungkin belum kalian ketahui, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kalian dapat mengirit pengeluaran kuota lebih banyak. Selain itu, ternyata juga terdapat cara hemat kuota internet jaringan 4G dan penyebab kuota cepat habis jaringan 4G.