Tips Menghemat Data di Handphone Android Anda

28

Teknobos  – Tips Menghemat Data di Android – Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan paket data telah melonjak karena aplikasi semakin ‘haus akan kuota’ dan terus-menerus menuntut untuk diperbarui ke versi terbaru. Selain itu, aplikasi media sosial (seperti Facebook dan Instagram) dibanjiri foto dan video berkualitas tinggi, yang secara tidak langsung menghabiskan banyak kuota.

Tips Menghemat Data di Android

Lebih parah lagi, harga kuota tidak lagi seramah dulu. Namun bukannya tanpa solusi, masih banyak cara yang bisa diterapkan, yang selain bisa mengurangi pemakaian kuota, juga menghemat biaya bulanan pembelian paket data. Ini ulasannya.

1. Batasi penggunaan kuota kamu secara manual

Selain membuat kita lupa waktu, perangkat seperti smartphone dan tablet sering kali membuat kita lupa akan kuota yang dihabiskan untuk browsing di beberapa aplikasi dalam sekian jam tertentu. Untuk mengatasi masalah ini dan menghindari pemberitahuan bahwa kuota Anda akan segera habis, Anda dapat menerapkan batas kuota secara manual.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu membuka “Pengaturan”> “Jaringan dan Internet”> “Penggunaan Data”, lalu pilih “Peringatan dan Batasan Data” dan atur peringatan data ke peringatan yang diinginkan (mis. 1 atau 2 GB). Selain penggunaan data, Anda juga dapat mengaktifkan program perlindungan data untuk mengurangi penggunaan data secara keseluruhan.

2. Pakai aplikasi yang punya fitur kompresi data

Beberapa aplikasi saat ini, terutama browser, menggunakan teknologi kompresi data untuk meminimalkan penggunaan data pengguna. Browser Google Chrome adalah salah satu aplikasi yang menyertakan program perlindungan data bawaan. Anda dapat mengaktifkannya dengan membuka Settings -> Data Saver -> User Data Saver.

Selain Chrome, ada Opera Mini yang fitur kompresi datanya sudah aktif sejak awal. Namun tidak seperti Chrome, Anda dapat mengatur fitur-fitur ini secara spesifik, seperti mengatur kualitas gambar yang ditampilkan di halaman web untuk lebih menghemat data saat Anda online.

3. Pakai Wi-Fi

Selain menggunakan jenis jaringan lain, tidak ada cara termudah untuk menghemat data. Smartphone juga bisa digunakan untuk terkoneksi ke internet melalui Wi-Fi. Ini adalah jaringan yang ada di mana-mana saat ini, terutama di tempat umum, dan biasanya menawarkan kuota yang tidak terbatas.

Oleh karena itu, gunakan Wi-Fi untuk menghemat data di mana pun Anda dapat terhubung ke jaringan. Namun, harap diperhatikan bahwa tidak semua jaringan Wi-Fi aman, jadi sebaiknya sambungkan saat VPN dihidupkan.

Baca juga : Keuntungan Beli HP Bekas, Hemat Kantong dan Ramah Lingkungan