Tips Mengamankan Smartphone Dari Pencurian Data

Belakangan ini sangat banyak terjadi kejahatan terhadap para pengguna internet, maupun pengguna smartphone. Untuk itu kali ini kita akan membahas tips mengamankan smartphone dari pencurian data. Agar data-data penting yang terdapat di dalam ponsel android kita tetap terjamin kemanannya, dan tidak mudah untuk dibobol oleh para peretas.

Smartphone yang terhubung dengan internet akan sangat mudah menjadi sasaran bagi para pertas. Terlebih lagi bila ponsle pintar yang digunakan, sangat jarang dilakukan pembaruan software maupun firmware. Karena smartphone yang jarang dilakukan pembaruan terhadap firmware dan software-nya, akan membuka celah keamanan perangkat ponsel itu sendiri.

Tips Mengamankan Smartphone Dari Kejahatan Pencurian Data

Para pengguna smartphone memang menjadi sasaran empuk, bagi para pelaku kejahatan siber. Karena banyak pengguna, yang menyimpan data-data pribadi bersifat penting di dalam ponsel pintar mereka. Data atau file penting yang biasa disimpan pada smartphone adalah, data keuangan, file pekerjaan, maupun dokumen yang bersifat pribadi.

Dari banyaknya data yang ada pada smartphone, data keuangan yang biasa menjadi incaran para pelaku kejahatan siber. Untuk itulah kita harus mengamankan smartphone dari kejahatan pencurian data.

Aktifkan fitur enkripsi pada smartphone

enkripsi Tips Mengamankan Smartphone Dari Pencurian Data
source: androidauthority

Cara yang pertama untuk mengamankan smartphone dari kejahatan cyber adalah, dengan mengaktifkan fitur enkripsi pada ponsel. Fitur ini nantinya dapat mengubah file yang terdapat pada smartphone kita, menjadi kode serta angka yang tidak beraturan. Sehingga ketika ponsel kita menjadi korban pencurian data, maka data-data yang ada di dalamnya sudah terenkripsi.

Amankan aplikasi chat

chatt Tips Mengamankan Smartphone Dari Pencurian Data
source: techuzman

Aplikasi chatting memang menjadi salah satu aplikasi yang sangat sering digunakan, bahkan untuk keperluan bisnis pun bisa digunakan. Selain itu, pastinya banyak percakapan penting yang terdapat pada aplikasi chatting kita. Untuk itulah kita harus mengamankan smartphone, agar semua percakapan kita tetap aman.

Beberapa aplikasi chatting, biasanya sudah menyediakan fitur enkripsi untuk percakapan. Sehingga percakapan yang kita lakukan, akan diterjemahkan ke dalam kode serta angka yang sulit dibaca.

Aktifkan dua faktor otentikasi

aut Tips Mengamankan Smartphone Dari Pencurian Data
source: androidcentral

Untuk dapat menggunakan smartphone memang dibutuhkan akun email. Karena akun email inilah yang menjadi identitas si pemilik smartphone. Jadi ada baiknya ketika ingin memasukan akun email, harus menggunakan dua langkah otentikasi.

Cara ini sangat berguna, agar akun email kita tidak mudah dibobol dan tidak mudah diretas oleh orang lain. Jadi meskipun peretas berhasil mengetahui password akun email kita, setidaknya masih ada langkah otentikasi kedua yang harus dilewati.

Jangan instal aplikasi bajakan

app Tips Mengamankan Smartphone Dari Pencurian Data
source: atitudineseverin

Adapun hal yang paling penting dalam mengamankan smartphone adalah, jangan pernah menginstal aplikasi bajakan. Karena aplikasi bajakan yang berasal dari pihak ketiga, tidak terjamin keamanannya. Untuk itulah, jika ingin menginstal aplikasi, selalu gunakanlah layanan Play Store yang telah disediakan oleh Google.

Itulah cara mengamankan smartphone, agar terhindar dari pencurian data yang saat ini sedang marak terjadi. Agar lebih aman, kita harus waspada akan terjadinya penyadapan hp, untuk itulah jangan ragu membaca artikel ciri-ciri smartphone disadap.

Semoga tips smartphone ini dapat meminimalisir terjadinya pencurian data, yang marak terjadi dan menyerang para pengguna smartphone.