5 Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Biar Makin Ngebut

Smartphone memang menjadi perangkat yang banyak digemari saat ini, terlebih bagi pengguna yang aktif di internet. Semakin banyak produsen yang mengeluarkan produk smartphone terbaru, dan dibekali RAM yang lumayan besar. Lalu bagimana cara mempercepat kinerja smartphone keluaran terdahulu yang dibekali RAM tidak terlalu besar.

Sudah pasti smartphone dengan RAM yang kecil akan terkendala dengan kinerjanya yang lambat. Bahkan bila terlalu banyak aplikasi yang dijalankan, bisa membuat hp android itu berhenti bekerja atau hang. Hal ini tentu sangat mengganggu, apa lagi bila pengguna sedang terburu-buru ingin membuka sebuah aplikasi

Tips Mempercepat Kinerja Smartphone Dengan RAM Kecil

Smartphone yang memiliki RAM kecil sebenarnya masih bisa kita optimalkan, agar kinerjanya bisa lebih ngebut. Meskipun begitu, tidak bisa disamakan dengan smartphone keluaran terbaru, yang dibekali RAM besar.

Agar lebih jelasnya, mari kita simak cara mempercepat hp android tanpa root:

1. Matikan animasi

animasi-Tips-Mempercepat-Kinerja-Smartphone

Biasanya hp android agak lama dalam membuka sebuah aplikasi, karena harus memuat efek animasinya terlebih dahulu sebelum membuka aplikasinya. Untuk mempercepat kinerja hp android, kita harus menonaktifkan animasi tersebut dari pengaturan.

Caranya, masuk ke menu Setting > Developer Options > Window Animation Scale / Transition Animation Scale / Animator Duration Scale. Skala animasi tadi hanya tinggal dirubah menjadi Animation Off, artinya tidak akan ada animasi yang dijalankan lagi, ketika kita membuka sebuah aplikasi atau yang lainnya.

2. Hapus cache

cache-Tips-Mempercepat-Kinerja-Smartphone

Langkah lainnya untuk mempercepat hp android tanpa root adalah menghapus file cache pada smartphone. Caranya, masuk menu Setting > Storage > Cache Data > Clear Cache Data, data cache tersebut harus sering dihapus agar tidak membebani kinerja smartphone.

3. Batasi penggunaan widget

widget-Tips-Mempercepat-Kinerja-Smartphone
source: androidcommunity

Widget memang dapat membuat tampilan layar android jadi lebih bagus, dengan adanya animasi yang dijalankan. Tapi bila terlalu banyak menggunakan widget, justru dapat membuat hp android jadi lemot. Untuk itu kita harus membatasi penggunaan widget pada layar utama, agar kinerja smartphone bisa lebih ngebut.

4. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

hapus-aplikasi-Tips-Mempercepat-Kinerja-Smartphone

Smartphone dengan kapasitas storage yang terbatas, memang tidak semestinya dipasangi banyak aplikasi. Untuk itu kita harus menghapus aplikasi yang tidak terpakai atau yang jarang dipakai. Karena ruang storage dari aplikasi yang dihapus itu, bisa dimanfaatkan untuk aplikasi lain yang lebih dibutuhkan.

5. Perbarui firmware

update-Tips-Mempercepat-Kinerja-Smartphone
source: technozed

Firmware adalah perangkat lunak yang ada di dalam smartphone, yang terdiri dari sistem operasi sampai dengan UI. Perangkat lunak inilah yang harus rajin diupadate, agar kinerja smartphone tetap optimal. Selain itu, dengan adanya pembaruan firmware, dapat meminimalisir terjadinya debug pada aplikasi bawaan smartphone.

Itulah 5 tips cara mempercepat kinerja smartphone tanpa root, agar hp android degan RAM kecil tetap bisa ngebut. Baca juga artikel mengatasi hp android lemot, untuk menambah pengetahuan kita tentang merawat smartphone.