Tidak Ingin Tertipu? Ikuti 7 Tips Memilih Smartphone Bekas Ini

Smartphpne saat ini telah menjadi kebutuhan pokok, hal tersebut dapat dibuktikan dari penggunaannya yang kian melambung pesat. Fungsi handphone cerdas yang multiguna, membuatnya tidak bisa luput dari genggaman tangan.

Kini telah banyak ponsel pintar yang beredar di pasar internasional, entah itu baru atau bekas. Nah bagi kamu yang ingin membeli smartphone second lantaran memiliki budget terbatas, ada baiknya mengetahui dahulu tips memilih handphone bekas yang benar.

Tips Memilih Smartphone Bekas

Sebenarnya banyak cara seseorang dalam memilih smartphone second, namun inilah 7 tips utama yang harus diperhatikan sebelum kalian membeli handphone cerdas bekas.

1. Lihat Segel Hp

tips-memilih-smartphone-bekas

Tips memilih smartphone bekas yang pertama adalah dengan melihat segel terlebih dahulu, karena segel tersebut sangat berpengaruh baik tidaknya kondisi ponsel. Cek apakah segel masih utuh menempel pada Hp atau tidak, pasalnya apabila tidak berarti handphone sudah pernah di service.

2. Memastikan Smartphone Belum diRoot

tips-memilih-smartphone-bekas

Hp yang sudah diroot akan menghilangkan garansi yang ada, oleh sebab itu pastikan smartphone yang kalian beli belum dalam kondisi root. Cara satu-satunya jika kalian tidak mengetahuinnya, cek apakah terdapat sebuah aplikasi Super SU. Apabila terdapat sebuah aplikasi Super SU, tandanya Hp dalam keadaan Root.

3. Cek Nomer IMEI

tips-memilih-smartphone-bekas

Tips memilih smartphone bekas yang berikutnya yaitu dengan mengecek nomer IMEI pada Hp, nomer tersebut membuktikan jika smartphone tersebut asli dan bukan palsu. Hal ini semata-mata dilakukan agar kalian tidak tertipu karena sekarang banyak beredar ponsel yang dipalsukan.

4. Melihat Kondisi Daya Tahan Baterai

tips-memilih-smartphone-bekas

Melihat kondisi baterai sebelum membeli smartphone bekas sangatlah penting, terutama untuk Hp yang memiliki baterai tanam. Pastikan kalian melihat dahulu kondisi baterai, jika tidak maka sama saja kalian akan rugi serta mengeluarkan uang lebih untuk membeli baterai baru.

5. Mesin Berfungsi Dengan Baik

tips-memilih-smartphone-bekas

Salah satu tips memilih smartphone bekas yang paling utama adalah dengan mengecek kondisi mesin secara menyeluruh, pasalnya banyak orang yang sudah tertipu dengan iming-iming sang penjual. Cek apakah Hp masih membaca kartu SIM, sinyal masih berkualitas baik, dan Ponsel masih berfungsi sebagaimana mestinya.

6. Meminta Garansi Minimum 3 hari

tips-memilih-smartphone-bekas

Bagi kalian yang masih ragu saat sudah memilih smartphone yang cocok, maka tips memilih smartphone bekas yang ke enam adalah dengan meminta garansi sang penjual. Mintalah garansi paling tidak 3 hari atau seminggu untuk mencoba Hp tersebut.

7. Mengecek Harga Pasaran

tips-memilih-smartphone-bekas

Sebelum kalian melakukan transaksi jual beli smartphone, ada baiknya cek dahulu harga yang banyak beredar untuk Hp tersebut. Hal semacam ini dilakukan bukan lain dan bukan tidak supaya banderol harga tidak terlalu tinggi ketika kalian membelinya.

Itulah cara memilih smartphone second yang harus kalian perhatikan, semoga saja dengan adanya pembahasan ini kamu akan lebih pintar membedakan Hp. Ada banyak cara mudah mengetahui ponsel asli atau replika agar kalian tidak tertipu ketika ingin membeli smartphone bekas.