Tips Memilih SD Card Yang Bagus Untuk Smartphone

Pernahkah kamu mengalami file foto ataupun musik pada SD card kamu tidak terbaca? Atau justru smartphone kamu hang karena salah menggunakan memory card? Bila kamu pernah mengalami hal semacam itu, berarti kamu salah memiilih kartu memori untuk androidmu. Untuk itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara memilih SD Card yang bagus untuk smartphone milikmu.

Walaupun terlihat sepele dan tidak begitu penting, tapi salah menggunakan kartu memori bisa memberikan dampak negatif pada perangkat android itu sendiri. Suatu waktu bisa saja ponsel kamu hang, atau bahkan file foto dan musik pada hp kamu tidak terbaca. Hal ini justru membuat semua file kamu yang disimpan pada memori eksternal, terancam rusak atau bahkan hilang.

Memilih SD Card Untuk Smartphone

Kartu memori harus disesuai dengan spesifikasi ponsel kamu, agar menghasilkan kinerja yang optimal. Karena SD card yang bagus bisa membuat proses transfer data pada android jadi lebih cepat, sehingga ponsel pintarmu bisa bekerja lebih cepat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih kartu memori untuk smartphone, yaitu:

1.Ada harga ada rupa

harga-sd-card

Seperti pepatah jawa bahwa ada harga ada rupa, tentu saja harga menentukan kualitas dari barang yang ditawarkan. Jangan tergiur untuk membeli SD card dengan harga murah, kita patut curiga bila banderol harganya jauh dibawah harga pasaran. Jadi pilihlah memory card dari brand ternama, karena produk dari vendor ternama memiliki mutu yang terjamin.

2.Sesuaikan Class SD Card dengan spesifikasi smartphone

class-sd-card

Ketika memilih kartu memori untuk smartphone, kamu harus memperhatikan Class dari SD Card tersebut. Karena hal itu cukup berpengaruh terhadap kinerjanya, cepat atau lambatnya proses transfer data ditentukan dari kelas memory card itu sendiri. Kelas kartu memori sendiri ada beberapa macam, yaitu Class 2, 4, 6 dan 10.

Sementara untuk ponsel pintar high end seperti smartphone keluaran terbaru, pilihlah SD card dengan Class 10 agar kinerjanya lebih maksimal. Class 10 sendiri berarti memori card tersebut memiliki kecepatan minimum untuk transfer file mencapai 10MB/s.

Tetapi bila hp android kamu bukan tergolong high end dan keluaran lama, kamu masih bisa menggunakan yang class 6. Karena bila kamu menggunakan Class 10 pada smartphone jadul, kemungkinan ponsel jadul kamu akan mengalami blank.

3. Sesuaikan SDHC atau SDXC

sdhc-sdxc-sd-card

Pada saat memilih memori internal kamu harus memastikan juga, tipe yang sesuai dengan ponsel androidmu. Apakah SDHC atau SDXC yang support terhadap smartphone kamu. SDHC merupakan singkatan dari Secure Digital High Capacity, tipe ini menyediakan kapasitas penyimpanan dari 4GB sampai 32GB. Jadi bila kamu memiliki hp android dengan kapasitas memeori eksternal paling besar 32GB, kamu bisa memilih tipe SDHC.

Sementara bila kamu memiliki smartphone high end, dengan maksimal kapasitas memori eksternal mencapai 128GB, kamu bisa memilih tipe SDXC. Karena tipe ini memiliki kapasitas 64GB sampai 2TB, jadi lebih cocok untuk ponsel android keluaran terbaru. Kesalahan pada pemilihan tipe SDHC dan SDXC bisa menyebabkan hp kamu tidak bisa bekerja secara maksimal.

4.Lepaskan SD card secara benar

eject-sd-card

Bila kartu memori yang kamu gunakan sudah memiliki kualitas bagus, percuma saja jika cara menggunakannya tidak benar. Karena semua perangkat android beserta aksesorisnya, harus diperlakukan dengan baik dan benar.

Bila kamu ingin melepaskan kartu SD dari ponsel pintarmu, pastikan kamu menggunakan fitur eject terlebih dahulu. Saat mengkopi maupun memindahkan file dari atau ke SD card, jangan melepaskan kartu memorinya hingga proses transfernya selesai. Karena jika hal itu kamu lakukan, bisa menyebabkan kerusakan pada kartu memori dan file kamu.

sd card rusak
Baca juga:
Cara Mengatasi SD Card Rusak Atau Sulit Terdeteksi

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan, untuk memilih SD card yang bagus untuk smartphone. Sesuaikan spesifikasi kartu SD dan ponsel kamu, untuk menghasilkan kinerja optimal pada keduanya.