Tips Memilih HP Android Baru Sebelum Membeli

65

TeknobosTips Memilih HP Android Baru Sebelum Membeli – Berbeda dengan iPhone yang hanya diproduksi oleh satu merek setiap tahunnya, Android memiliki beragam ponsel dengan spesifikasi, fungsi, dan harga yang dapat Anda pilih. Itu juga berasal dari merk yang berbeda-beda, dan masing-masing merk memiliki ciri khasnya masing-masing misalnya harga murah untuk spesifikasi tinggi, atau spesifikasi standar namun tetap menjaga harga yang terdepan dari segi kualitas pembuatan.

Tips Memilih HP Android Baru Sebelum Membeli

Tak heran jika begitu kompleks, dan akhirnya banyak orang yang merasa bingung ketika ingin membeli ponsel Android baru. Nah, jika Anda salah satunya, berikut kami akan mengulas detail penting yang perlu diperhatikan saat memilih ponsel Android baru.

1. Harga

Untuk menemukan ponsel Android yang sempurna, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah label harga. Harga bisa dijadikan tolak ukur kualitas ponsel yang ingin Anda beli. Ada tiga kategori harga untuk ponsel Android, yakni entry-level (1-2 juta rupiah), mid-range (3-5 juta rupiah), dan flagship (8-10 juta ke atas).

Produk entry level adalah level terendah dan memiliki spesifikasi untuk
melakukan aktivitas ringan, sedangkan produk mid-range biasanya dilengkapi dengan spek yang mumpuni dan fitur khusus, meski tidak bisa setingkat dengan produk flagship yang digerakkan chipset terbaru, dengan kamera yang juara.

2. Ukuran layar

Saat smartphone pertama kali menjadi populer, ukuran layar normalnya adalah 3,5 inci. Sekarang, standarnya telah berkembang menjadi 6 hingga 7 inci. Jika Anda bertanya ukuran layar mana yang tepat untuk Anda, itu tergantung pada ukuran tangan Anda dan panjang jari Anda. Jika tangan Anda besar, layar 6 inci atau lebih akan terasa pas. Namun, jika tangan Anda kecil, sebaiknya hanya memiliki layar 5 inci atau 5,5 inci.

Selain ukuran, rasio layar dengan bodi juga menjadi detail yang penting. Berbeda dengan dulu, kebanyakan ponsel Android kini memiliki bezel tipis (lebih dari 80%), yang tidak hanya nyaman digenggam, tapi juga saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

3. Fitur ekstra

Banyak ponsel Android saat ini dilengkapi dengan fitur tambahan untuk membuat pengalaman menjadi lebih berarti. Beberapa di antaranya seperti pena stylus yang biasa digunakan pada ponsel berukuran besar, sensor sidik jari (untuk opsi keamanan yang lebih kompleks) dan face unlock (sekarang sangat responsif).

Saat ingin membeli ponsel Android baru, Anda bisa mempertimbangkan fitur serupa lainnya. Namun, lakukan riset untuk memastikan bahwa fitur ini bukan hanya gimmick semata, dan fitur canggih ini benar-benar dapat membantu Anda.

Baca juga : Seri Game Mitologi Asia yang Sangat Terkenal