Tips Memilih Charger untuk Smartphone Agar Pengisian Daya Cepat

Smartphone saat ini telah menjadi kebutuhan primer di dalam kehidupan sehari hari yang tidak dapat dipisahkan oleh genggaman tangan, sebab ponsel cerdas dapat memudahkan aktifitas seperti contohnya berkomunikasi, transfer file, dan bahkan untuk bermain game demi menghilangkan bosan atau mengisi jam kosong.

Hadirnya handphone pintar tentunya akan membutuhkan charger untuk mengisi daya baterai, dua komponen tersebut telah menjadi satu hati karena saling membutuhkan. Kini terdapat berbagai jenis dan macam rupa bentuk Charger, dari semua casan tersebut hanya dibedakan dengan kualitas besar kecilnya suatu Volt dan Ampere.

Perbedaan Volt dan Ampere Charger

Sebelum masuk ke dalam pembahasan ada baiknya mengetahui fungsi dari Charger itu sendiri, Charger atau yang sering disebut casan merupakan alat yang bertugas untuk mengisi baterai pada semua jenis handphone. Melalui perantara Charger, energi listrik akan di ubah dan di alirkan untuk mengisi sang baterai.

tips-cara-charger-pengisisan-daya-cepat

Masuk kedalam pembahasaan volt dan ampere, inilah perbedaannya:

  • Volt adalah satuan turunan di dalam Standar Internasional (SI) untuk mengukur perbedaan tegangan listrik. 1 Volt berarti beda tegangan yang diperlukan untuk membuat arus tepat sebesar 1 ampere di dalam suatu rangkaian dengan resistensi 1 ohm.
  • Ampere yaitu satuan SI untuk arus listrik yang sering dipendekkan menjadi amp. Satu ampere adalah suatu arus listrik yang mengalir dari kutup positif ke kutup negatif, sedemikian sehingga di antara dua penghantar lurus dengan panjang tak terhingga, dengan penampang yang dapat diabaikan, dan ditempatkan terpisah dengan jarak satu meter dalam vakum, menghasilkan gaya sebesar 2 × 10-7 newton per meter.

Pada sebuah rangkaian Charger terdapat banyak perangkat, namun yang jelas demi mempercepat pengisian baterai ponsel adalah besar kecilnya ampere dan bukan volt.

Tips Memilih Charger Pengisian Cepat

Kunci dasar utama untuk mencari casan super cepat dalam pengisian daya, yaitu dari spesifikasi besar satuan ampere yang diberikan. Banyak charger yang yang beredar, namun dari setiap casan itu sendiri berdeda-beda dalam perangkat adaptor yang mempengarui lambat cepatnya suatu pengecasan.

Tips-Memilih-Charger-Pengisian-Cepat

Tips memilih charger cepat yaitu dengan melihat spesifikasi ampere yang ditawarkan, semakin besar satuan ampere yang di berikan maka akan semakin cepat pula pengisian daya baterai atau sebaliknya. Perlu di ingatkan lagi apabila ampere dapat dinaikan dan volt tidak dapat diubah karena satuan volt adalah paten.

Ampere dapat dinaikan, sedangkan Volt tidak dapat dirubah karena arus listrik yang masuk akan menjadi tidak setabil dan menyebabkan korsleting.

Pada semua jenis perangkat sebenarnya telah ditentukan satuan voltnya, namun satuan ampere dapat dirubah sesuai kebutuhan si perangkat tersebut. Semoga artikel ini memudahkan kalian dalam mencari kepala casan atau charger dengan pengisian daya baterai cepat.

tips-cara-membuat-adaptor-tv-tuner
Baca juga:
Cara Membuat Adaptor TV Tuner Sendiri Dengan Charger Hp