Tips Mematikan Program Startup dan Software Tidak Penting di Komputer

Startup merupakan sebuah program yang akan berjalan secara otomatis bersamaan dengan di aktifkannya windows, atau dengan istilah lainnya dapat diartikan sebagai Resident Program. Pengertians sendiri dari Program Residen yaitu sebuah software yang berada dalam sebuah RAM selama komputer  dalam keadaan dioprasikan.

Meskipun program atau software yang berjalan tidak begitu banyak dalam pemerosesan komputer, namun sangat begitu menganggu dan dapat menyita sebagian dari resource komputer. Bila spesifikasi PC atau laptop tidak begitu mendukung, jelas harus di matikan secara manual supaya komputer dapat bekerja dengan maksimal.

Tips Mematikan Program Startup

Masuk kedalam pembahasan cara mematikan program Startup di komputer atau laptop, terdapat dua tips dan trik yang dapat kalian lakukan sendiri secara manual. Dari kedua cara tersebut begitu sanagt mudah serta dapat dipraktekan secara langsung, Inilah diantaranya.

1. Nonaktifkan Melalui Task Manager

  • Hal pertama kali yang kalian harus kalian laukan adalah menekan tombol CTRL+ALT+DELETE secara bersamaan hingga muncul menu Task Manager.

tips-mematikan-program-startup

  • Apabila sudah muncul gambar seperti contoh diatas, maka langkah berikutnya adalah dengan klik kolom Startup supaya kalian dapat melihat program yang berjalan di windows.

cara-mematikan-perogram-startup

  • Setelah itu, maka secara otomatis kalian dapat dengan jelas melihat program atau software yang harus dimatikan karena tidak terlalu penting dan menganggu performa komputer atau laptop.

cara-menonaktifkan-program-tidak-terpakai

  • Tips menonaktifkanya pun tidak terlalu rumit, kalian hanya perlu memencat tombol kanan mouse(klik kanan) pada program yang ingin dinonaktifkan lalu pilih disable dan selesai.

tips-mematikan-program-startup-dan-tidak-terpakai

Noted : Pastikan tidak asal dalam mematikan sebuah program yang berjalan karena dapat menyebabkan eror.

2. Disable Melewati RUN

  • Tips simpel untuk masuk ke dalam menu RUN, yaitu dengan menekal tombol Windows+R seperti gambar dibawah ini jika kalian kurang begitu jelas.

tips-mematikan-program-atau-software-tidak-penting

  • Cara yang kedua adalah dengan mengetik huruf “msconfig”, perlu diingatkan untuk memperhatikan kata karena setiap huruf yang berbeda maka tidak dapat masuk.

mematikan-software-tidak-penting

  • Ketika ejaan telah benar, secara otomatis akan muncul menu seperti dibawah ini. Nah kalian masuk kepilihan service lalu centang Hide all Microsoft services.

tips-mematikan-startup

  • Apabila kalian telah Hide, tips berikutnya yaitu hapus centang pada software atau program yang tidak penting kemudian klik Apply lalu OK.

tips-nonaktifkan-program-tidak-terpakai

Itulah dua tips cara mematikan program tidak penting yang berjalan secara otomatis di windows, semoga dapat membantu kalian demi menyetabilkan dan menambah performa kinerja komputer kalian terutama untuk komputer atau laptop berspesifikasi rendah.

tips-mudah-menambah-akselerasi-komputer-atau-pc
Baca juga:
Ampuh!! 10 Tips Mempercepat Kinerja Komputer Atau Laptop