Jitu!! 10 Tips Melindungi Mata Dari Radiasi Smartphone Berlebih

Smartphone kini telah menjadi kebutuhan pokok yang amat sangat dibutuhkan pada era globalisasi seperti sekarang, sudah tak ayal lagi bila ponsel pintar tidak bisa dipisahkan dari genggaman tangan dan juga pengelihatan mata walaupun 10 menit saja.

Meskipun handphone saat ini dapat membantu serta menunjang dalam melakukan aktifitas sehar-hari, namun penyebab yang ditimbulkan sangat berbahaya apabila terlalu lama menggunakanya. Jika mata sudah merasa perih, maka hal yang harus dihindari yaitu merubah pola pengoprasian smartphone.

Tips Melindungi Mata Dari Radiasi Smartphone

Mata terasa sakit saat menggunakan ponsel cerdas disebabkan oleh radiasi layar smartphone yang berlebihan, hal seperti itu dapat dihindari dan dicegah demi menjaga pengelihatan. Sebagian orang sudah mengalami serta berobat supaya mata bekerja seperti normal, namun inilah tips cara mencegah mata dari radiasi layar sebelum terlambat.

1. Mengatur Kecerahan Layar

Cara-Melindungi-Mata-Dari-Radiasi-Smartphone

Pengaturan dalam pencahayaan layar yang terlalu rendah dan terlalu cerah bisa membuat mata cepat merasakan lelah, hal semacam itu dapat di hindari dengan mengatur resolusi pencerahaan layar atau menggunakan aplikasi pihak ke tiga.

2. Menggunakan Pelindung Layar

Cara-Melindungi-Dari-Radiasi-Smartphone

Pengguna cerdas iyalah seseorang yang mampu menjaga pola pemakaian handphone pintar secara tidak berlebihan, cara ampuh lainnya untuk menjaga kesehatan mata yaitu dengan memasang pelindung layar seperti contohnya antigores namun yang tidak gelap dan tidak terang.

3. Gunakan Smartphone Dalam Jarak Aman

Cara-Melindungi-Mata-Dari-Radiasi-ponsel-pintar

Apabila smartphone tidak menggunakan antigores atau pelindung layar, satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur jarak dalam pemakaian ponsel cerdas. Jarak aman untuk pemakaian handphone secara benar dan tepat, yaitu kurang lebih berjarak hingga 30 cm.

4. Menggunakan Kaca Mata

Melindungi-Radiasi-ponsel-pintar

Kaca mata min merupakan sebuah alat alternatif untuk melihat suatu objek dengan jelas yang diperuntukan bagi orang pengidap rabun, namun pada saat ini kacamata dapat dipakai hanya untuk sekedar menunjang penampilan. Meskipun kalian tidak mengidap rabun, ada baiknya menggunakan kacamata normal untuk mengurangi radiasi layar smartphone.

5. Kedipkan Mata Sesering Mungkin

Melindungi-Mata-dari-Radiasi-ponsel-pintar

Dalam sebuah penelitian, kita cenderung mengedipkan mata sekitar tiga kali lebih sedikit dibandingkan biasanya ketika sedang asik menatap layar ponsel cerdas. Mengedipkan mata sesering mungkin, dapat menjaga mata agar mata tetap lembab dan mata tidak mengalami kekeringan.

6. Tidak Mengucek Mata Secara Berlebihan

Melindungi-Radiasi-mata--ponsel-pintar

Apa kalian tau, apabila terlalu sering mengucak mata dapat menyebabkan mata mengalami iritasi dan hal seperti itu diakibtkan karena banyak debu atau kotoran yang menghinggap di mata, ada baiknya kalian tidak mengucek mata secara berlebihan dalam pengoprasian handphone pintar.

7.Batasi Penggunaan Ponsel

Melindungi-mata-dari-ponsel-pintar

Mungkin mengurangi penggunaan ponsel setiap hari minimal 2 jam untuk beristirahat dan tidak mengenggam handphone akan terlihat begitu amat sangat berat, karena tidak dapat tersambung ke dalam dunia internet demi bersosial media. Istirahatkan mata sejenak itu sebenarnya diperlukan, agar tetap menjaga mata tidak mengalami kelelahan akibat menggunakan smartphone terlalu lama.

8. Sering Mengistirahatkan Mata

Melindungi-mata-di-ponsel-pintar

Tidak terlalu jauh berbeda dengan deretan tips melindungi mata dari radiasi smartphone seperti di atas, sering mengistirahatkan mata juga dapat mengurangi kelelahan mata yang berdampak pada kesehatan pengelihatan dan menyebabkan kerusakan mata.

9. Keluarlah Untuk Melihat Pemandangan

Melindungi-mata-radiasi-handphone

Meskipun tidak berhubungan dengan dampak penggunaan ponsel cerdas, namun cara yang satu ini cukup sangat jitu agar mata mengalami kebugaran dan kesehatan. Mata setidaknya harus kita refresh supaya dapat pemandangan baru dan tidak stak di layar smartphone terus menerus.

10. Sering-seringlah Berkonsultasi

Melindungi-mata-radiasi-handphone-cerdas

Kalian tidak akan pernah tau jika terdapat penyakit mata akibat pemakaian handphone secara terus-menerus dalam sehari-hari, ada baiknya di anjurkan untuk selalu berkonsultasi mata dengan dokter supaya kalian dapat mengecek kondisi mata secara keseluruhan.

Itulah berbagai jenis tips dan trik cara melindungi mata dari radiasi layar smartphone secara berlebihan, perlu diingatkan untuk selalu menjaga kondisi mata supaya mata dapat bekerja dengan semestinya dan pengelihatan berjalan baik.

aplikasi-fitnes-android
Baca juga:
5 Aplikasi Fitnes untuk Membantu Resolusi 2017

Memakan sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin A serta sesering mungkin beristirahat dalam menggunakan smartphone, dapat menyehatkan mata.