Tips Cara Merawat Charger Smartphone

Cara Merawat Charger Smartphone РBagi pengguna smartphone pastinya sering mengalami kerusakan kabel charger, yang tentunya bisa membuat kita pusing. Melihat peran smartphone di era modern seperti sekarang ini, hp memang menjadi barang yang cukup penting. Sehingga ketika baterai ponsel habis pastinya kita kebingungan mencari charger hp, terutama saat charger smartphone rusak.

Pengalaman yang dijabarkan di atas, tentu pernah dialami oleh para pengguna smartphone. Charger hp memang menjadi hal nomor satu yang harus ada ketika kita bepergian. Karena saat berada di luar rumah, kita pasti akan mati gaya jika baterai ponsel habis. Untuk itulah charger hp menjadi hal yang paling penting bagi para pengguna smartphone. Dan sudah sepatutnya kita merawat charger smartphone dengan baik.

Tip Merawat Charger Smartphone Agar Gak Cepat Rusak

Saat baterai ponsel sudah kritis, biasanya pengguna smartphone akan kebingungan mencari tempat untuk mengisi daya ponselnya. Lalu bagaimana jika ternyata charger smartphone rusak, dan tidak bisa digunakan untuk mengisi daya ponsel? Pastinya kita akan lebih kebingungan lagi jika kabel charger hp rusak.

Agar charger smartphone tidak cepat rusak, tentu harus diperlakukan dengan baik dan dirawat. Untuk itulah, kali ini kita akan membahas tips cara merawat charger smartphone, agar awet dan tidak cepat rusak.

1. Gunakan charger original

Tips Cara Merawat Charger Smartphone 3

Tips yang pertama untuk merawat charger smartphone adalah, menggunakan charger original atau bawaan dari merek ponsel yang kita miliki. Karena dengan menggunakan charger original, pengisian baterai smartphone akan lebih lebih cepat dan terjamin. Hal itu disebabkan charger original sudah memenuhi standar yang ditentukan oleh produsen.

2. Jangan tinggalkan charger di stop kontak jika tidak digunakan

Tips Cara Merawat Charger Smartphone 1

Tips kedua dalam merawat charger smartphone adalah, jangan pernah meninggalkan charger di stop kontak saat sedang tidak digunakan. Hal ini bisa menyebabkan charger rusak, dan pastinya akan membuang-buang energi. Karena saat charger terhubung ke stop kontak tanpa dihubungkan ke hp, aliran listriknya akan terbuang sia-sia.

3. Jangan menggulung kabel charger smartphone

Tips Cara Merawat Charger Smartphone 2

Kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh pengguna smartphone adalah, menggulung kabel charger saat ingin disimpan. Kebiasaan jelas menjadi kebiasaan yang kurang bagus, karena dengan menggulung kabel charger dapat merusak kabel itu sendiri. Memang kabel charger tidak boleh digulung, agar tembaga di dalamnya tidak mudah patah.

4. Gunakan charger untuk jenis dan merek smartphone yang sesuai

Tips Cara Merawat Charger Smartphone 4
source: androidcentral

Kebiasaan buruk lain dari pengguna smartphone adalah, sering menggunakan charger untuk merek dan jenis smartphone yang tak sesuai. Terkadang dengan alasan tidak membawa charger, pengguna hp akan meminjam charger milik temannya yang berbeda merek. Justru hal ini tidak hanya akan merusak charger ponselnya saja, tapi juga dapat merusak baterai hp itu sendiri.

5. Jangan mengisi daya terlalu lama

Tips Cara Merawat Charger Smartphone 5
source: wikimedia

Cara merawat charger smartphone yang terakhir adalah, jangan mengisi daya ponsel terlalu lama. Biasanya banyak pengguna smartphone yang mengecas ponsel ketika ingin tidur, dan dibiarkan smartphone dicas sampai pagi. Justru hal ini sangat berbahaya bagi smartphone, karena bisa terjadi over heat pada ponsel tersebut, dan dapat merusak charger maupun ponselnya.

Itulahlah 5 cara merawat charger smartphone agar tidak cepat rusak, dan pastinya bisa membuat charger hp awet. Selain bisa mempertahankan masa pakai charger, tips cara merawat charger smartphone di atas juga bisa membuat ponsel android kita tidak mudah rusak.