Smartphone Boros? Berikut 5 Tips Mengirit Baterai

Tips Baterai Smartphone – Tidak bisa dipungkiri apabila ponsel cerdas kini menjadi incaran, pasalnya terdapat berbagai jenis aplikasi yang dapat membantu aktifitas sehari-hari. Handphone tentunya akan memerlukan kapasitas baterai yang besar apabila ingin menunjang banyak program.

Tetapi bagaimana jika baterai smartphone cepat boros dan harus mengecas setiap jam, tentunya sangat membosankan bukan. Dari pada harus repot-repot charger tiap jam, ada baiknya mengetahui penyebab baterai smartphone boros berikut ini.

Tips Baterai Smartphone Tidak Boros

Terdapat berbagai jenis faktor dan penyebab baterai smartphone cepat sekali boros, selain baterai mengalami kebocoran ternyata penggunaan aplikasi yang berlebih cukup mempengaruihi. Inilah tips mengurangi konsomsi baterai yang berlebihan, diantaranya:

1. Matikan Aplikasi Tidak Penting

Menonaktiftas aplikasi yang berjalan sangat dibutuhkan, terutama pada program yang tidak memiliki fungsi di smartphone kalian. Dengan mematikan program atau sebuah aplikasi yang berlebih, ponsel cerdas mampu mengirit baterai kurang lebih hingga 20%.

Tips-Baterai-Smartphone

Sebelum mematikan sebuah program yang berjalan, lebih baik mengenali dahulu aplikasi tersebut supaya tidak mengalami eror.

2. Kurangi Resolusi Layar

Tips-Baterai-Smartphone

Meskipun tidak terlalu menguras baterai pada handphone, tetapi mengatur resolusi yang tinggi pada layar ponsel dapat menyebabkan borosnya pengeluaran baterai. Supaya konsumsi baterai tidak boros, maka settinglah secara manual kecerahan layar.

3. Menggunkan Mode Airplane

tips-smartphone-agar-tidak-boros

Hal utama demi mengirit baterai agar tidak terlalu boros yaitu menggunakan Airplane mode, namun dalam menggunakan mode ini lebih baik saat benar-benar kalian ingin beristirahat dan tidak ingin diganggu. Mode tersebut dapat menonaktifkan data paket, bahkan mencegah panggilan masuk dan pesan masuk.

4. Tidak Menggunakan Lampu Notifikasi

cara-baterai-tidak-boros

Lampu notifikasi sangat berpengaruh besar dalam menguras banyak baterai di smartphone kalian, karena lampu pemberitahuan tersebut akan terus menyala jika kalian tidak melihat ada panggilan atau chat yang masuk. Sebaiknya kalian mematikan lampu notifikasi, hal semacam ini semata-mata demi mengirit konsumsi baterai.

5. Mematikan Paket Data

cara-supaya-baterai-irit

Tidak jauh berbeda dengan mode Airplane, ternyata mengaktifkan data terus menerus sepanjang hari mampu menyebabkan baterai cepat sekali terkuras. Kemungkinan terbesar dalam menyalakan data 24 jam, yaitu berjalanya aplikasi media sosial seperti contohnya BBM, Line, Facebook dan lain-lain.

Itulah penyebab pengurasan baterai yang berlebih, walapun tidak begitu penting dan banyak dihiraukan oleh sebagian orang namun tips tersebut mampu mengirit baterai. Gunakan cara diatas, maka secara otomatis kalian akan merasa hasilnya.

android lemot
Baca juga:
HP Android Lemot? Ikuti Cara Ini Untuk Mengatasinya