Teknologi Internet 5G Akan Hadir Lebih Cepat

Pengguna jaringan internet di seluruh dunia, akan diberikan suguhan kecepatan jaringan yang super cepat beberapa tahun kedepan. Karena teknologi internet 5G akan segera diperkenalkan ke publik, teknologi terbaru dari jaringan internet ini pastinya dapat memudahkan kegiatan para penggunanya. Meskipun saat ini internet pada jaringan 4G sudah cukup cepat, tapi kebutuhan akan jaringan internet yang lebih cepat tetap diidam-idamkan.

Qualcomm dan beberapa operator selular serta perusahaan teknologi lainnya, berusaha menerapkan jaringan internet 5G sesegera mungkin. Pada awal perencanaannya teknologi terbaru dari lini selular tersebut, diperkirakan baru akan hadir pada tahun 2020. Tapi pihak Qualcomm sebagai perusahaan teknologi yang cukup besar saat ini, berkeinginan untuk mewujudkan teknologi selular itu pada tahun 2019.

Kehadiran Teknologi Internet 5G

John Smee selaku Vice President Engineering Qualcomm, mengatakan akan mengajukan jadwal baru terkait kehadiran internet 5G kepada 3GPP (The Third Generation Partnership Project) pekan ini juga. 3GPP sendiri adalah kelompok asosiasi global yang mengurusi seputar teknologi selular.

“Jika disetujui, uji coba masal 5G bisa dimulai pada tahun 2018 mendatang”

John Smee – Vice President Engineering Qualcomm

teknologi-internet-5g

Shannedy Ong selaku Country Manager Qualcomm di Indonesia mengatakan, uji coba masal itu bisa saja dilakukan pada ajang olahraga terbesar tahun depan, tepatnya pada saat Winter Olympic 2018 di Korea Selatan. Apabila uji coba tersebut sukses, maka masyarakat bisa menikmati jaringan internet cepat itu pada tahun 2019.

Shannedy menambahkan, namun teknologi internet cepat ini baru bisa dinikmati di beberapa negara saja. Yang pastinya sudah memiliki infrastruktur sebagai penunjang teknologi selular tersebut.

Standarisasi dari teknologi 5G ini sebenarnya belum ditetapkan, tapi Qualcomm beserta perusahaan lainnya akan mengajukan teknologi yang mereka sebut dengan 5G New Radio (NR) sebagai standar global. Koneksi yang menggunakan sistem prototipe sub-6 GHz 5G NR dari Qualcomm, mampu beroperasi pada spektrum mid-band 3,3 hingga 5,0 GHz.

kuota internet 4g
Baca juga:
Kuota Internet 4G Lebih Cepat Habis! 4 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Hal tersebut memperlihatkan bahwa teknologi 5G NR, dapat digunakan untuk mencapai data rate gigabit per detik secara efisien. Serta memiliki tingkat latensi yang lebih rendah, dibanding jaringan internet 4G LTE yang kita gunakan saat ini.