Teknobos
Tech in Touch

Google Tak Akan Gunakan Lagi Metode Verifikasi Captcha

Semua pengguna gadget baik itu komputer, laptop, smartphone, ataupun tablet, pasti sudah mengenal metode verifikasi Captcha. Metode verifikasi ini memang semakin lama jadi semkin menyulitkan, karena tahap verifikasinya jadi semakin rumit. Selama ini Google telah menggunakan metode verifikasi tersebut, untuk bisa mengindentifikasi apakah pengguna perangkat itu manusia atau robot.

Awal penerapan metode verifikasi ini hanya menggunakan kata-kata, yang disusun secara acak oleh algoritma sistem. Kemudian semakin berkembang dengan menggunakan beberapa susunan gambar, yang harus dipilih oleh pengguna untuk bisa mengakses sebuah halam situs. Karena sistem verifikasi tersebut semakin rumit, dan cukup menyulitkan bagi penggunanya Google akan mengganti sistem verifikasi tersebut.

Google Tak Lagi Menggunakan Verifikasi Captcha

verifikasi captcha

Banyaknya pengguna yang merasa direpotkan dengan sistem verifikasi model Captcha, membuat Google berupaya mencari metode lainnya untuk indentifikasi penggunanya. Pihak Google telah menyatakan bahwa mereka sudah menemukan sistem baru tersebut, mereka menyebutnya  “Invisible Captcha”.

Cara kerja sistem verifikasi ini berbeda dengan Captcha, karena mesin pencarian terbesar di dunia ini tidak lagi secara terang-terangan mengidentifikasi penggunanya, melainkan melalui jalan belakang (background). Sehingga pengguna tidak lagi merasa direpotkan dengan memilih gambar, atau mengetikan sebuah kata yang diacak.

Perwakilan dari Google mengatakan “Invisible Captcha adalah kombinasi machine learning dan analisis mendalam yang mampu beradaptasi dengan ancaman yang lebih baru.”

Kali ini Google akan mengidentifikasi pengguna secara otomatis menggunakan algoritma. Sistem akan merekam kebiasaan pengguna saat berselancar di internet, untuk mengenali apakah si pengguna benar manusia ataukah robot. Namun sistem verifikasi semacam ini akan membuat kita merasa dimata-matai oleh Google, karena semua aktifitas yang kita lakukan di internet akan direkam secara keseluruhan.

Proses pergantian verifikasi Cpatcha menjadi Invisible Captcha, tidak dilakukan secara sekaligus melainkan akan dilakukan secara bertahap. Perlahan kita tidak akan menemukan lagi sistem verifikasi yang ribet itu, tapi mungkin sedikit demi sedikit kita masih akan menemukannya sampai sistem itu hilang secara keseluruhan. Yang kemudian berganti dengan sistem verifikasi dari balik layar.