Samsung Galaxy J5, Smartphone Murah 2 Jutaan

Samsung yang merupakan salah satu vendor gadget asal Korea Selatan, belakangan vendor ini sangat agresif dalam mengembangkan produk mereka di dunia smartphone. Hal itu dibuktikan dengan peluncuran Samsung Galaxy J5. Perangkat android ini tergolong dalam hp android dengan spesifikasi cukup mumpuni, namun dibanderol dengan harga yang terjangkau.

Ponsel pintar ini resmi luncurkan pada bulan April 2016, menambah jajaran pondel android dari Samsung. Diciptakannya seri Galaxy ini memang dikhususkan untuk kalangan kelas menengah, karena perangkat selular ini dibanderol dengan harga yang lumayan murah.

Hp dengan bodi yang ramping

Galaxy J5 memiliki mengusung konsep unibody, berbahan dasar metal serta bodi yang sangat ramping, hanya 145.8 x 72.3 x 8.1 mm. Dibekali layar bertipe Super AMOLED capacitive touchscreen berukuran layar 5.2 inci, merupakan ukuran standar layar smartphone saat ini, karena memang rata rata hp android terbaru memiliki layar 5 inci atau lebih.

Namun sangat disayangkan, dengan ukuran layar sebesar itu. Layar ponsel pintar ini belum dilindungi proteksi kaca anti gores. Jadi kamu harus menambahkan sendiri anti gores, bila tidak ingin layarnya tergores oleh benda keras.

spesifikasi-samsung-galaxy-j5

Otak ponsel dukungan Snapdragon seri 400

Prosesor merupakan sektor paling penting dalam sebuah perangkat android, karena dibagian ini pengolahan semua data dan aplikasi pada ponsel dilakukan atau bisa disebut sebagai otaknya hp android.

Samsung membekali hp ini dengan chipset dari Qualcomm, yakni Snapdragon 410 serta CPU Quad-core berkecepatan 1.2 GHz. Memang chipset model ini sudah lawas, dibandingkan dengan Snapdragon seri 600 dan 800.

Ruang penyimpanan data juga menjadi kebutuhan pada hp android, karena fitur inilah yang digunakan untuk menyimpan data, dan menginstal aplikasi yang pengguna butuhkan.

Oleh karena itu Samsung memberikan memori internal berkapasitas 16 GB dan RAM sebesar 2 GB. Bila kapasitas memori internal itu masih dirasa kurang, pengguna bisa menambahkannya dengan memori eksternal hingga 128 GB. Jadi pengguna lebih leluasa untuk menyimpan file mereka kedalam perangkat ini.

Sementara itu untuk sistem operasi, hp besutan Samsung ini sudah berjalan dengan OS Android Versi 6.0 Marshmallow, yang merupakan OS terbaru dari Android. Baterai yang ditanamkan juga lumayan besar yakni 3.100 mAh, baterai sebesar itu tentu menambah masa pakai smartphone.

Kamera CMOS 13 MP dan CMOS 5 MP

kamera-samsung-galaxy-j5

Untuk mendukung aktifitas fotografi yang bagus, disematkan juga kamera dual 13 mega pixel di bagian belakang perangkat, dilengkapi fitur sensor CMOS autofocus, LED flash. Pastinya menghasilkan foto dengan gambar yang jernih dan warna lebih tajam.

Sementara untuk mendukung kegiatan selfie, dibagian depan ponsel sudah disematkan kamera berkekuatan 5 mega pixel, dilengkapi dengan fitur LED flash dan beberapa modus pemotretan, yakni beauty mode dapat membuat warna kulit jadi lebih cerah, serta wide selfie yang bisa membantu selfie secara memanjang.

Samsung Galaxy J5 Spesifikasi Lengkap

harga-samsung-galaxy-j5

SpesifikasiSamsung Galaxy J5
PLATFORM
ChipsetQualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPUQuad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 306
RAM2 GB
Internal Storage16 GB
External StorageUp To 128 GB
SensorAccelerometer, Hall Sensor, Proximity Sensor
BODY
Dimensi145.8 x 72.3 x 8.1 mm (5.74 x 2.85 x 0.32 in)
Berat159 g (5.61 oz)
WarnaGOLD / BLACK / WHITE
SCREEN
Jenis LayarSuper AMOLED
Ukuran5.2 inci
Resolusi1280 x 720 (HD)
ProteksiNo
OS
AndroidAndroid OS, v6.0.1 (Marshmallow)
CAMERA
Kamera BelakangCMOS 13.0 MP
Kemara DepanCMOS 5.0 MP
NETWORK
Jenis SIMMicro-SIM
Jumlah SIMDual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP
OTHER
Port AudioYes
BateraiRemovable Li-Ion 3100 mAh battery
samsung galaxy s7 edge
Baca juga:
Samsung Galaxy S7 Edge, Spesifikasi Dan Harga Terbaru Per 2017

Harga Samsung Galaxy J5 terbaru per 2017

Dengan spesifikasi yang cukup mumpuni seperti ini, harga yang ditawarkan oleh samsung masih tergolong murah. Untuk bisa memiliki hp android tersebut, kamu bisa menebusnya dengan harga Rp.2.600.000. Tentunya akan ada perbedaan harga di masing masing toko dan distributor.

Kesimpulan: Samsung Galaxy J5 memang memiliki spesifikasi yang lumayan bisa diandalkan, dari segi kamera, memori penyimpanan dan baterai bertenaga cukup besar. Namun prosesor Snapdragon seri 400 yang digunakan, sudah terlalu lawas dibandingkan Snapdaragon seri 600 dan 800.