Siapakah Smartphone Selfie Terbaik? Realme U1 atau Xiaomi Mi 8 Lite

1,705

Teknobos – Realme kembali menggebrak pasar Indonesia dengan menghadirkan Realme U1 di akhir tahun. Sebagai sebuah smartphone selfie, Realme U1 memiliki banyak keunggulan seperti, kamera depan beresolusi 25 MP dan dukungan chipset MediaTek Helio P70.

Di pasaran, Realme U1 akan bersaing dengan banyak smartphone selfie lainnya. Salah satu smartphone selfie lain yang cukup banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat adalah Xiaomi Mi 8 Lite.

Jika dilirik lebih dalam, Realme U1 dan Xiaomi Mi 8 Lite memiliki spesifikasi yang serupa. Mari simak perbandingan kedua smartphone berikut ini:

Realme U1 VS Xiaomi Mi 8 Lite

Kamera Depan

Realme U1 mengunggulkan kamera depan beresolusi 25 MP dengan sensor Sony IMX 576 sebagai senjata andalannya. Kamera depan Realme U1 juga mampu mengotrol noise dan color recovery secara lebih baik.

Saat berfoto di tempat dengan kondisi low-light, 4-in-1 pixel synthesis technology dapat memberikan sensitivitas cahaya setara 1.8um dan secara signifikan meningkatkan cahaya yang efektif.

Kamera depan Xiaomi Mi 8 Lite memiliki ukuran resolusi yang lebih rendah, yakni 24 MP. Tak lupa, terdapat sensor Sony IMX 576 untuk kamera selfienya. Selain itu, Kamera depan di Realme U1 juga dilengkapi dengan fitur AI Beauty dan AI Portraits.

Layar

Realme U1 memiliki layar berukuran 6,3 inci FHD dewdrop full screen dengan rasio screen-to-body 90.8%. Layar Realme U1 tampak lebih lapang karena tidak ada notch berukuran lebar yang dapat mengganggu pandangan pengguna.

Layar Xiaomi Mi 8 Lite berukuran lebih kecil yakno 6,26 inci dengan aspek rasio 19:9. Xiaomi Mi 8 Lite juga masih memiliki notch untuk dudukan kamera kamera depan. Kehadiran notch di Xiaomi Mi 8 Lite berpotensi mengganggu kenyamanan pengguna.

Siapakah Smartphone Selfie Terbaik? Realme U1 atau Xiaomi Mi 8 Lite - harga hp realme u1 - harga hp xiaomi mi 8 lite

Prosesor

Sebagai otak sebuah smartphone, Realme tidak main-main soal pemilihan chipset. Terbukti dengan kehadiran chipset MediaTek Helio P70 sebagai otak di Realma U1. Dengan performa yang tinggi, ponsel ini dapat bekerja dengan sangat efisien dan sangat mulus dimana 13% lebih efisien daripada Helio P60.

Sementara Xiaomi Mi 8 Lite menggunakan Qualcomm Snapdragon 660 yang sudah banyak digunakan oleh smartphone kelas menengah lain. Dengan GPU dan CPU yang sudah diupgrade, Xiaomi Mi 8 Lite diklaim dapat menghadirkan performa stabil.

Baterai

Kapasitas baterai 3500mAh, dikombinasikan dengan CorePilot 4.0 yang dibawa oleh Helio P70 yang dapat mengontrol konsumsi daya dan fitur AI, membuat baterai Realme U1 dapat bertahan tanpa pengisian ulang saat digunakan sepanjang hari.

Xiaomi Mi 8 Lite menggunakan baterai berkapasitas 3.350 mAh. Dengan dukungan Snapdragon 660, Xiaomi Mi 8 Lite seharusnya tahan untuk dipakaih seharian.