Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XZ Premium

Sony Xperia XZ Premium – Siapa yang tidak mengenal produsen smartphone asal Jepang bernama Sony. Ya, perusahaan teknologi ini memang banyak memproduksi hp android dengan spek yang cukup bagus. Sebelumnya mereka hanya memproduksi barang-barang elektronik seperti radio, TV, pemutar musik dan lain-lain. Tapi beberapa tahun belakangan, mereka sangat gencar memperkenalkan ponsel pintar buatan mereka.

Belum lama ini Sony kembali meluncurkan hp terbaru yang dijuluki Sony Xperia XZ Premium. Seperti namanya, ponsel pintar pabrikan asal Jepang ini, memang memiliki spesifikasi yang terbilang premium. Dari segi desainnya saja dapat dilihat, konsep bodi yang begitu elegan, dan desain bodinya serupa dengan hp Sony terbaru sebelumnya.

Desain yang elegan dan premium

desain Sony Xperia XZ Premium
source: gsmarena

Sony Xperia XZ premium adalah ponsel tahan debu dan air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. Fitur tahan debu dan air tersebut, dibuktikan dengan adanya sertifikat IP68. Ponsel besutan Sony ini memiliki bodi dengan panjang 6.14 inci, lebar 3.03 inci, dan tebal 0.31 inci. Panel belakang hp ini mengandung material dari kaca, dan telah diperkuat oleh Corning Gorilla Glass 5.

Di sisi depan, kita dapat melihat bentangan layar full HD dengan resolusi 4K, dan luas layarnya mencapai 5.46 inci. Layar depannya juga telah diberikan proteksi menggunakan Corning Gorilla Glass 5. Berbekal layar beresolusi tinggi itu, pengguna dapat menikmati video maupun film, yang memiliki resolusi 4K full HD dengan sangat nyaman.

Sektor dapur pacu ditenagai oleh Snapdragon 835

prosesor Sony Xperia XZ Premium
source: itbukva

Layaknya smartphone flagship dari merek lainnya, hp android Sony ini juga ditenagai oleh prosesor Snapdragon 835. Dimana chipset unggulan dari Qualcomm itu, juga disokong oleh CPU Octa-core4x2.45 GHz Kryo & 4×1.9 GHz. Prosesor ini juga sudah mendapat dukungan grafis dari GPU Adreno 540.

Sebagai ruang penyimpanan internal, Sony telah menyediakan internal memori berkapasitas 64GB, serta dukungan RAM 4GB untuk Sony Xperia XZ Premium. Ruang penyimpanan tersebut juga masih bisa diperluas dengan SD card hingga 256GB. Xperia XZ Premium varian singel SIM tersedia slot SD card khusus, tapi untuk varian dual SIM menggunakan slot SIM 2.

Dibekali kemampuan dapur pacu yang cukup gahar, membuat ponsel unggulan ini dapat digunakan untuk bermain game HD dengan sangat mulus. Untuk kinerjanya sendiri, hp Sony ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat. Baterai yang dimiliki Sony Xperia XZ Premium memiliki kapasitas 3230 mAh.

Kamera dengan resolusi yang super besar

kamera Sony Xperia XZ Premium
source: gsmarena

Dari sektor fotografi, Sony juga memberikan ponsel pintar ini kamera dengan resolusi yang terbilang besar. Untuk kamera utamanya saja memiliki resolusi 19MP, dan kamera depan atau kamera selfie beresolusi 13MP. Kamera utama dari Sony Xperia XZ Premium juga bisa merekam video, dengan resolusi hingga 4K.

Spesifikasi Sony Xperia XZ Premium

SpesifikasiSony Xperia XZ Premium
PLATFORM
ChipsetQualcomm MSM8998 Snapdragon 835
CPUOcta-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo)
GPUAdreno 540
RAM4GB
Internal Storage64GB
External StorageUp To 256 GB (singel SIM tersedia slot SD Card)
Up To 256 GB (dual SIM menggunakan slot SIM 2)
SensorFingerprint (side-mounted, region dependent), accelerometer, gyro, proximity, barometer, compass, color spectrum
BODY
Dimensi156 x 77 x 7.9 mm (6.14 x 3.03 x 0.31 in)
Berat195 g (6.88 oz)
WarnaLuminous Chrome, Deepsea Black, Bronze Pink
SCREEN
Jenis LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.46 inches (~68.4% screen-to-body ratio)
Resolusi3840 x 2160 pixels (~807 ppi pixel density)
ProteksiCorning Gorilla Glass 5
OS
AndroidAndroid 7.1 (Nougat)
CAMERA
Kamera Belakang19 MP, f/2.0, 25mm, EIS (gyro), predictive phase detection and laser autofocus, LED flash
Kemara Depan13 MP, f/2.0, 22mm, 1/3" sensor size, 1.12 µm pixel size, 1080p
NETWORK
Jenis SIMNano SIM
Jumlah SIMSingel SIM / Dual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, aptX, LE
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable Li-Ion 3230 mAh battery

Harga Sony Xperia XZ Premium

harga Sony Xperia XZ Premium
source: gsmarena

Dari spesifikasi unggulan yang dimiliki oleh hp Sony Xperia terbaru ini, dapat dipastikan harganya memang cukup mahal. Bila dilihat dari spesifikasi gahar yang dimiliki ponsel ini, harga hp Sony Xperia XZ Premium terbaru berkisar Rp. 10 jutaan.