Spesifikasi dan Harga Sony Xperia XA1

Sony Xperia XA1 – Sony sebagai salah satu produsen smartphone asal negeri sakura Jepang, memang sangat getol dalam memproduksi ponsel pintarnya. Hal ini dibuktikan dengan keseriusan mereka, dalam menggarap beberapa model hp flagship dengan spek gahar.

Seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu Xperia XA1, yang merupakan salah satu ponsel unggulan dari Sony. Mengapa dikatakan unggulan? Karena ponsel besutan vendor asli Jepang tersebut, dibekali beragam spesifikasi serta fitur yang terbilang unggulan.

Dapat terlihat dari material, desain dan juga fitur yang dimiliki Sony Xperia XA1, bahwa ponsel ini masuk dalam kategori menengah. Meskipun masih berada dibawah Xperia XZ Premium, yang dibekali prosesor Snapdragon 835 dari Qualcomm.

Desain yang nampak elegan

desain Sony Xperia XA1
source: xtreme-mobile

Desain dari ponsel flagship Sony ini terlihat begitu elegan, dengan panjang bodi 5.71 inci, lebar 2.64 inci, dan ketebalan 0.31 inci. Desain bodi hp Sony terbaru ini juga tidak jauh berbeda dengan ponsel besutan Sony lainnya. Seperti biasa, smartphone Xperia memiliki bentuk yang agak kotak, tapi ada sedikit lengkungan pada sudut-sudutnya.

Sementara itu, pada bagian depannya terpasang layar bertipe IPS LCD, beresolusi 720 x 1280 pixel. Layarnya memiliki bentangan seluas 5 inci, dan kabarnya sudah diproteksi oleh kaca anti gores. Sehingga layar berukuran besar tersebut, tidak rentan tergores ataupun retak.

Otak prosesor dukungan Mediatek

prosesor Sony Xperia XA1
source: aolcdn

Sony Xperia XA1 sendiri dibekali prosesor besutan Mediatek yakni MT6757 Helio P20. Prosesor tersebut juga didukung oleh CPU Octa-core 4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.6 GHz, dan dilengkapi dengan GPU Mali-T880MP2. Prosesor dari Mediatek ini tergolong prosesor kelas atas, jadi kinerja ponsel ini akan terasa lebih baik.

Sebagai ruang penyimpanan data, Sony Xperia XA1 dikaruniai internal memori sebesar 32GB. Selain itu, diberikan juga dukungan RAM berkapasitas 3GB, yang bisa menyokong kegiatan multi tasking. Ruang penyimpanan hp Sony terbaru ini juga masih bisa diperluas lagi, tentunya dengan memanfaatkan SD card hingga 256GB.

Berbicara soal sistem operasi Android, smartphone Sony ini telah memulai debutnya bersama sistem operasi Android 7.0 Nougat. Sedangkan untuk membantu kinerja ponsel yang lebih optimal, Sony telah menanamkan baterai berdaya 2300mAh ke dalam ponsel tersebut.

Kamera super dengan resolusi besar

kamera Sony Xperia XA1
source: gsmarena

Fitur kamera yang disematkan ke dalam tubuh Sony Xperia XA1, merupakan kamera super pixel dengan resolusi besar. Adapun resolusi yang dimiliki kamera utama posel pintar ini sebesar 23MP, dan dilengkapi fitur phase detection autofocus, serta LED flash.

Sedangkan di sisi depan juga terpasang kamera selfie beresolusi 8MP, yang dilengkapi oleh fitur autofocus. Sehingga dapat mengambil foto selfie dengan kualitas yang baik. Untuk selanjutnya, foto selfie tersebut dapat langsung dibagikan ke media sosial.

Spesifikasi Sony Xperia XA1

SpesifikasiSony Xperia XA1
PLATFORM
ChipsetMediatek MT6757 Helio P20
CPUOcta-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.6 GHz Cortex-A53)
GPUMali-T880MP2
RAM3GB
Internal Storage32GB
External StorageUp To 256 GB
SensorAccelerometer, proximity, compass
BODY
Dimensi145 x 67 x 8 mm (5.71 x 2.64 x 0.31 in)
Berat143 g (5.04 oz)
WarnaWhite, Black, Gold, Pink
SCREEN
Jenis LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~70.9% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
ProteksiScratch-resistant glass (> 9H)
OS
AndroidAndroid 7.1 (Nougat)
CAMERA
Kamera Belakang23 MP, f/2.0, 24mm, phase detection autofocus, LED flash
Kemara Depan8 MP, f/2.0, 23mm, autofocus, 1/4" sensor size, 1080p
NETWORK
Jenis SIMNano SIM
Jumlah SIMSingel SIM / Dual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP, aptX, LE
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable Li-Ion 2300 mAh battery

Harga Sony Xperia XA1

harga Sony Xperia XA1
source: gsmarena

Sony memang tidak sembarangan dalam memproduksi smartphone andalan mereka. Namun hal itu tidak dibarengi dengan layanan purna jual yang baik. Karena ada beberapa mantan pengguna smartphone Sony, yang menyatakan kekecewaannya, terhadap layanan pasca penjualan hp Sony.

Ponsel besutan vendor asal Jepang ini memang terbilang hebat, karena dibekali spesifikasi yang unggul. Berdasarkan spesifikasi dan fitur yang dimiliki ponsel pintar ini, harga Sony Xperia XA1 berkisar Rp. 5 juta – Rp. 4 juta rupiah.