Teknobos
Tech in Touch

Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo A77

Oppo sebagai salah satu produsen smartphone yang saat ini sedang giat mengembangkan ponsel android besutan mereka. Belum lama ini memperkenalkan dan mengumumkan hp Oppo terbaru yang dijuluki Oppo A77. Smartphone pabrikan asal Cina ini dibekali spesifikasi yang cukup bagus, sangat cocok dalam kategori kelas menengah.

Belum lama ini Oppo baru meluncurkan secara resmi smartphone terbarunya yang bertajuk Oppo R11. Peluncuran ponsel terbaru Oppo tersebut, disambut baik oleh masyarakat. Yang unik dari Oppo R11 adalah kualitas kameranya yang sangat handal untuk kebutuhan fotografi.

Sementara itu, Oppo A77 juga tidak mau kalah dengan kehadiran R11, pasalnya ponsel ini juga dibekali berbagai macam fitur dan spesifikasi yang cukup bagus. Meskipun tidak sebagus spesifikasi yang dimiliki Oppo R11, tapi hp seri A77 keluaran Oppo ini cukup terjangkau bagi kalangan pasar menengah kebawah.

Desain berlapis logam yang elegan

desain Oppo A77

Seperti smartphone Oppo keluaran terbaru lainnya, A77 juga memiliki konsep uni bodi yang dilapisi material berbahan dasar logam. Secara keseluruhan, ukuran hp Oppo ini terbilang besar, dengan panjang hampir 6 inci dan ketebalan mencapai 7.3 mm. Smartphone Oppo ini kabarnya akan hadir dengan dua pilihan warna, yaitu Gold, Rose Gold.

Sementara itu pada sisi depan, kita dapat melihat bentangan layar ponsel tipe IPS berukuran 5.5 inci. Layar berukuran besar itu juga memiliki resolusi yang mancapai 1080 x 1920 pixels. Berbekal layar sebesar itu, tentu dapat memanjakan mata pengguna yang senang sekali bermain game android maupun menonton film.

Sektor dapur pacu dukungan Mediatek

prosesor Oppo A77
source: kilatstorage

Oppo mempercayakan sektor dapur pacu Oppo A77 kepada Mediatek. Untuk itulah mereka menyematkan chipset Mediatek MT6750T ke dalam smartphone terbaru itu. Chipset besutan Mediatek tersebut juga didukung oleh prosesor Octa-core berkecepatan 1.5 GHz. Untuk urusan video grafis, chipset ini juga sudah diberikan dukungan GPU Mali-T860MP2.

Sebagai ruang penyimpanan internal, Oppo A77 menyediakan memori internal berkapasitas 64GB, yang masih bisa diperluas dengan micro SD hingga 256GB. Sayangnya Oppo tidak menyediakan slot khusus untuk micro SD, sehingga harus berbagi tempat dengan slot SIM 2. Meskipun begitu, ponsel pintar besutan Oppo ini sudah didukung oleh RAM sebesar 4GB, untuk mendukung aktifitas multi tasking.

Sistem operasi yang digunakan oleh Oppo memang tidak tergolong baru, hp Oppo A77 ini berjalan dengan OS Android 6.0 (Marshmallow). Namun untuk sumber daya dan penyuplai energi, Oppo telah menyediakan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Berbekal daya baterai sebesar itu, tentu dapat membuat masa aktif baterainya jadi lebih panjang.

Kamera selfie dengan resolusi besar

kamera Oppo A77

Seperti sub judul yang tersemat di atas, bahwa hp Oppo A77 terbaru ini memiliki kamera selfie dengan resolusi yang cukup besar. Sebagai pendukung aktifitas selfie, ponsel android ini sudah dibekali kamera depan dengan resolusi mencapai 16MP.

Sementara itu, untuk kamera belakangnya justru lebih kecil dari kamera selfie, yang diletakan di atas layar ponsel Oppo tersebut. Untuk keperluan fotografi, di sisi belakang hp ini juga telah disematkan kamera dengan resolusi 13MP. Kamera utama ini juga sudah didukung teknologi phase detection autofocus dan LED flash.

Spesifikasi Oppo A77

SpesifikasiOppo A77
PLATFORM
ChipsetMediatek MT6750T
CPUOcta-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPUMali-T860MP2
RAM4GB
Internal Storage64GB
External StorageHingga 256GB (menggunakan slot SIM 2)
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, proximity, compass
BODY
DimensiKetebalan 7.3 mm
Berat153 g (5.40 oz)
WarnaGold, Rose Gold
SCREEN
Jenis LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.5 inches
Resolusi1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Proteksi-
OS
AndroidAndroid 6.0 (Marshmallow)
CAMERA
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, phase detection autofocus, LED flash
Kemara Depan16 MP, f/2.0, 1.12 µm pixel size, 1080p
NETWORK
Jenis SIMNano-SIM
Jumlah SIMDual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable Li-Ion 3200 mAh battery

Harga Oppo A77

harga Oppo A77

Penjualan smartphone Oppo terbaru ini memang belum digelar, jadi harga Oppo A77 juga masih menjadi misteri. Sementara itu, pihak perusahaan sendiri belum memberikan kepastian tentang kisaran harga yang akan ditetapkan untuk hp Oppo terbaru ini.

Namun jika dilihat dari spesifikasi yang ditawarkan, untuk satu unit Oppo A77, dapat dihargai sekitar Rp.4.9 jutaan. Harga itu terbilang sangat sepadan dengan spesifikasi yang ditawarkan ponsel ini. Tapi untuk lebih jelasnya, mari kita tunggu hingga Oppo membuka penjualan Oppo A77 secara resmi.