Spesifikasi dan Perkiraan Harga OnePlus 5

OnePlus 5 – OnePlus sebagai salah satu produsen smartphone yang saat ini sedang giat mengembangkan produk ponsel pintarnya. Ternyata tidak mau kalah dengan vendor-vendor smartphone lainnya yang ingin meluncurkan ponsel pintar mereka pada bulan Juni ini.

Sepanjang bulan Juni ini, nantinya akan ada beberapa produsen ponsel pintar, yang meluncurkan serta mengumumkan smartphone terbarunya. Dari Korea Selatan ada Samsung yang kabarnya akan menggelar acara peluncuran ponsel terbarunya bernama Galaxy J5 (2017). Sementara itu, dari negri tirai bambu Cina, ada Oppo yang juga akan meluncurkan smartphone andalannya dengan tajuk Oppo R11.

Masih dari negri Tiongkok, rupanya OnePlus tidak mau ketinggalan, dalam meramaikan pasar smartphone dunia. Dikabarkan produsen ponsel android asal Cina ini, akan meluncurkan smartphone OnePlus terbaru pada bulan ini, tepatnya di tanggal 20 Juni mendatang.

Desain premium yang nampak elegan

desain OnePlus 5
source: androidauthority

Dilihat dari segi tampilan, desain ponsel pintar besutan OnePlus ini memang tidak banyak berbeda dengan hp android mereka terdahulu. Serupa dengan hp android keluaran terbaru lainnya, OnePlus 5 ini juga mengusung konsep uni bodi, dengan bodi berbahan logam. Desain seperti ini memang banyak menarik perhatian konsumen, sebab dapat memunculkan kesan premuim dari ponsel itu sendiri.

Beralih ke sisi depan, kabarnya hp OnePlus 5 ini akan menampilkan layar AMOLED berukuran 5.5 inci, yang memiliki resolusi mencapai 1440 x 2560 pixels. Sebagai proteksi tambahan, pada layarnya juga akan disematkan kaca anti gores besutan Corning, yakni Gorilla Glass 5.

Prosesor kelas atas besutan Qualcomm

prosesor OnePlus 5
source: forbesimg

Pada sektor dapur pacunya sendiri, OnePlus tidak ingin main-main dalam mengembangkan smartphone ini. Pasalnya OnePlus 5 ini ditenagai oleh chipset terbaru besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 835 yang merupakan chipset unggulan. Menurut rumor, hp ini akan hadir dengan dua varian internal storage 64GB dan 128GB, yang didukung dengan RAM sebesar 6GB.

Terkait masalah User Interface atau yang biasa dikenal dengan UI, OnePlus 5 kabarnya akan berjalan dengan sistem operasi Android 7.1 Nougat. Sementara untuk mendukung sistem operasi android terbaru tersebut, hp ini didukung UI Oxygen OS.

Kamera yang cocok untuk fotografi

kamera OnePlus 5
source: pcadvisor

Bagi para pengguna yang sangat senang melakukan aktifitas fotografi, menggunakan ponsel pintar, smartphone OnePlus 5 ini wajib dicoba. Karena ponsel tersebut memiliki dual kamera dengan resolusi masing-masing 12MP. Kamera utamanya juga sudah didukung dengan fitur phase detection autofocus serta LED flash.

Sedangkan di bagian depan OnePlus 5 juga terdapat sebuah kamera beresolusi 8MP, yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto selfie. Pixel kamera selfie ini juga sudah cukup besar, jadi foto yang diambil sudah pasti memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Spesifikasi OnePlus 5

SpesifikasiOnePlus 5
PLATFORM
ChipsetQualcomm MSM8998 Snapdragon 835
CPUOcta-core (4x2.35 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo)
GPUAdreno 540
RAM6GB
Internal Storage64GB / 128GB
External StorageNo
SensorFingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BODY
DimensiKetebalan 7 mm
Berat-
WarnaGunmetal, Soft Gold, Midnight Black
SCREEN
Jenis LayarOptic AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.5 inches
Resolusi1440 x 2560 pixels (~534 ppi pixel density)
ProteksiCorning Gorilla Glass 5
OS
AndroidAndroid 7.1.1 (Nougat)
CAMERA
Kamera BelakangDual 12 MP, phase detection autofocus, LED flash
Kemara Depan8 MP, 1080p
NETWORK
Jenis SIMNano-SIM
Jumlah SIMDual SIM
Jaringan SIM2G/3G/4G
Dukungan 4GYes
COMMS
WifiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
OTHER
Port AudioYes
BateraiNon-removable Li-Ion 3300 mAh battery

Perkiraan Harga OnePlus 5

harga OnePlus 5
source: ytimg

Harga OnePlus 5 memang belum diketahui, karena ponsel ini juga belum resmi diluncurkan oleh pihak OnePlus. Acara peluncurannya sendiri baru akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juni mendatang. Selain di New York, peluncuran ponsel ini juga akan digelar di beberapa kota besar di benua Eropa.

Bila melihat spesifikasi gahar yang diusung oleh smartphone unggulan ini, diperkirakan OnePlus 5 akan dibanderol seharga Rp.7 juta – Rp.8 jutaan. Tapi harga tersebut masih bersifat perkiraan, untuk lebih jelasnya mari kita tunggu sampai acara peluncuran ponsel ini dilaksanakan.