Dikabarkan, Sony Bakal Menutup Layanan Musik TrackID

Para pengguna smartphone Sony tentu saja sudah sangat mengenal, salah satu layanan musik bernama TrackID. Aplikasi layanan musik pada android tersebut, sudah terpasang secara default di setiap ponsel Xperia besutan Sony. Namun tidak demikian bagi Sony Xperia XZs serta Sony Xperia XZ Premium.

Ternyata dibalik hilangnya layanan musik ini, pada kedua ponsel Sony Xperia tersebut memiliki latar belakang tersendiri. Perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Jepang itu, mengumumkan melalui layanan mereka. Sony telah mengkonfirmasi, bahwa layanan musik TrackID akan resmi ditutup pada tanggal 15 September 2017 mendatang.

Hal ini sontak membuat para pengguna agak bingung, khususnya bagi para pengguna ponsel Sony Xperia. Karena diketahui, aplikasi musik android tersebut sangat berguna untuk mencari tahu informasi tentang banyak lagu. Dengan menjalankan aplikasi ini sambil memutar sebuah lagu, maka aplikasi android tersebut akan merekam dan mencari tahu informasi seputar lagu yang sedang diputar.

Sehingga dengan adanya fitur pencarian informasi lagu pada aplikasi TrackID, dapat memberikan kemudahan bagi pengguna. Khususnya bagi para pengguna ponsel Sony Xperia yang sedang mencari informasi judul lagu, nama penyanyi, ataupun album dari sebuah lagu.

Sony Akan Tutup TrackID Pada Bulan September

1 Dikabarkan, Sony Bakal Menutup Layanan Musik TrackID
source: phonearena

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf awal, bahwa Sony akan menutup layanan musiknya yang bernama TrackID. Penutupan layanan musik milik Sony tersebut, kabarnya akan resmi dilakukan pada bulan September nanti. Hal ini sejalan dengan apa yang pihak perusahaan sampaikan melalui halaman aplikasi layanan musik tersebut.

Pihak Sony sendiri tidak memberikan penjelasan terkait penutupan layanan musik tersebut. Raksasa teknologi asal Jepang itu, memberikan pesan pengumuman terkait penutupan layanan TrackID, pada halaman aplikasi musik milik Sony itu.

Informasi yang bisa didapatkan oleh pengguna, pada aplikasi musik android itu juga tidak terlalu jelas. Adapun pesan yang terdapat pada aplikasi musik tersebut adalah sebagai berikut.

“Semua bisnis bergerak maju, dan terkadang hal ini berarti aplikasi ini tidak dilanjutkan kembali”

Dilansir dari halaman Phone Arena, penutupan layanan TrackID diperkirakan dikarenakan oleh, tingginya biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan layanan musik itu. Pengguna ponsel Sony Xperia yang sekarang ini masih mengandalkan layanan musik TrackID, disarankan beralih ke layanan musik lainnya.

Saat ini banyak layanan musik yang bisa dimanfaatkan pengguna, diantaranya adalah Spotify, Joox, dan juga Google Play Music. Namun pada pesan yang tertera pada aplikasi TrackID, pengguna disarankan untuk beralih menggunakan Shazam. Pada pesan teresebut juga dilampirkan link untuk mendownload aplikasi Shazam.