Snapdragon 845 Bakal Menyokong Samsung Galaxy S9?

Sempat beredar kabar pada beberapa waktu lalu, yang menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S9 tidak akan diluncurkan sampai tahun depan. Tapi hari ini seperti yang dilansir dari Gizmochina, muncul informasi tentang spesifikasi hardware hp Samsung tersebut di Geekbench.

Kabar ini memang agak mengejutkan, karena sebelumnya diinformasikan Galaxy S9 tidak akan meluncur hingga tahun depan. Tapi smartphone Samsung terbaru dengan kode serial SM-G9650, muncul di Geekbench hari ini. Hebatnya lagi, tercantum pula informasi seputar perangkat keras yang akan digunakan ponsel  tersebut dengan cukup detail.

Kode serial ponsel SM-G9650, memang digadang-gadang merupakan kode serial dari Samsung Galaxy S9. Setelah kode itu muncul di Geekbench, maka spekulasi mulai bermunculan dan cukup membuat heboh para penggila gadget.

Samsung Galaxy S9 Bakal Ditenagai oleh Snapdragon 845

Snapdragon 845 Bakal Menyokong Samsung Galaxy S9
source: gizmochina

Berdasarkan rumor yang beredar, diinformasikan bahwa Galaxy S9 akan memperkenalkan Snapdragon 845, sebagai otak dapur pacunya. Qualcomm telah kembali ke quad core untuk chipset Snapdragon 845 ini, dan prosesor tersebut memiliki clock speed mencapai 1.78GHz.

Chip yang dikatakan akan dibangun di atas node 7nm  ini akan dibuat oleh TSMC, dan bukan dibuat oleh Samsung sendiri. Langkah tersebut diambil, karena saat ini Samsung telah beralih ke teknologi 8nm, dan perusahaan Korea Selatan itu belum siap dengan 7nm.

Ponsel terbaru Samsung yang diklaim menggunakan kode serial SM-G9650, akan memulai debutnya dengan sistem operasi Android 7.1.2 Nougat. Berdasarkan bocoran yang beredar di internet, hp android ini akan dibekali RAM sebesar 4GB.

Kemampuan dari prosesor milik Qualcomm ini memang belum diketahui dengan pasti, tapi skor render script smartphone ini menunjukan angka 7371. Skor yang dimiliki Samsung Galaxy S9 ini jauh lebih rendah dari Galaxy S8, yang memiliki skor mencapai lebih dari 9000.

Untuk saat ini informasi yang bisa didapatkan perihal Galaxy S9 memang masih sedikit sekali. Sementara ini informasi yang kita ketahui baru sebatas seperti gambar di atas saja. Sumber lain menyebutkan, bahwa ponsel pintar ini akan menggunakan code name Star. Sedangkan untuk varian Plus dari Galaxy S9, rumornya akan menggunakan code name Star 2.

Rumor lain mengatakan, Samsung Galaxy S9 juga akan hadir dengan varian chispet Exynos 8nm, dan memiliki bezel yang lebih tipis. Hp android besutan Samsung ini juga akan dilengkapi dengan pemindai sidik jari di sisi depan, serta kamera ganda di belakang.