Cara Membuat Smartphone Lama Agar Terlihat Baru

Pengguna smartphone atau ponsel pintar, setiap tahun maupun bulannya semakin bertambah banyak. Produsen ponsel android juga semakin giat memproduksi hp-hp android keluar terbaru. Hal ini membuat smartphone lama, jadi terlihat usang dan membosankan.

Sebagian orang yang menggunakan ponsel pintar keluaran terdahulu, pastinya memiliki hasrat untuk mengganti hp tersebut dengan keluaran yang terbaru. Selain desainnya sudah ketinggalan zaman, sistem operasi dan spesifikasi smartphone lama memang kurang up to date.

Merubah Smartphone Lama Jadi Terlihat Baru

Smartphone yang sudah berusia 1 sampai dua tahun, tentu saja sudah tidak terasa baru lagi. Bisa saja kita sebagai pengguna merasa bosan dengan tampilan dari smartphone tersebut. Di hati kecil kita mungkin terbesit kata “Ingin beli hp baru”, tapi jika kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan, kita terpaksa menunda untuk memiliki hp baru.

Agar hp lama tidak terkesan membosankan, sebenarnya bisa kita siasati agar smartphone lama juga bisa terasa baru. Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama cara  membuat hp lama agar terlihat baru kembali

1. Ganti casing hp dengan model terbaru

casing hp Cara Membuat Smartphone Lama Agar Terlihat Baru
source: alicdn

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk membuat smartphone lama jadi terlihat baru, adalah dengan mengganti casing hp-nya dengan model terbaru. Beberapa waktu lalu pernah booming casing ponsel bergaya flip, yang membuat smartphone lawas jadi nampak seperti hp mahal dan terbaru. Cara ini bisa diterapkan untuk membuat ponsel pintar lawas milik kita, jadi terlihat seperti hp baru kembali.

2. Gunakan launcher untuk mengganti tema

launcher android Cara Membuat Smartphone Lama Agar Terlihat Baru
source: androidauthority

Dari segi tampilan antara muka atau yang biasa disebut dengan User Interface, juga harus dilakukan perombakan atau penyegaran. Hal ini bertujuan untuk menampilkan desain UI baru, yang dapat membuat hp lama kita terasa seperti smartphone baru.

Ada banyak aplikasi launcher android yang bisa kita temukan di Google Play Store. Namun sebelum mendownload dan instal aplikasi launcher, kita harus menyesuaikan spesifikasi hp kita dengan persyaratan sistem yang dimiliki aplikasi launcher tersebut.

3. Download dan instal game favorit

game android Cara Membuat Smartphone Lama Agar Terlihat Baru
source: androidcentral

Cara alternatif lainnya untuk membuat smartphone lama terlihat baru kembali, adalah dengan mengunduh dan instal game android favorit kita. Karena jika kita sering bermain game, dan dapat berfokus menyelesaikan misi pada game favorit tersebut, maka kita tidak akan merasa bosan dengan smartphone lawas milik kita.

4. Instal aplikasi android terbaru

aplikasi android Cara Membuat Smartphone Lama Agar Terlihat Baru
source: techhive

Kita juga bisa menginstal aplikasi-aplikasi keluran terbaru, baik itu yang sedang trending maupun aplikasi yang memang kita butuhkan. Seperti halnya point nomor 3, jika kita menginstal aplikasi android terbaru, sudah pasti kita akan senang mengoprek aplikasi terbaru itu. Dengan begitu kita dapat mengabaikan rasa bosan terhadap smartphone lama yang kita miliki.

5. Reset factory

factory reset Cara Membuat Smartphone Lama Agar Terlihat Baru
source: androidpolice

Ketika ponsel pintar sudah cukup lama digunakan, ruang penyimpanannya pasti sudah semakin sempit, pada akhirnya akan membuat kinerjanya lemot. Jika sudah begini, melakukan reset factory dapat menjadi pilihan, agar dapat membuat smartphone lama milik kita jadi terlihat baru.

Hal ini dikarenakan, ketika hp lama sudah dilakukan factory reset, maka data-data yang terdapat di internal storage hp kita akan dihapus secara permanen. Dengan begitu, smartphone lama kita akan terasa seperti ponsel baru lagi.