Hati-Hati, Ternayata Smart TV Dapat Diretas Melalui Siaran Digital

Bagi para pengguna televisi berbasis android harus lebih berhati-hati, karena Smart TV dapat diretas melalui siaran digital (DVB-T). Bahkan pembobolan dapat dilakukan dengan menyematkan kode jahat, ke dalam sebuah siaran digital, dan akan mudah masuk kedalam TV pintar tersebut.

Smart TV Dapat Diretas Lewat Siaran Digital

Berita tentang cara peretasan itu dikemukakan oleh Rafael Scheel, yang merupakan salah seorang peneliti keamanan cyber. Rafael mengatakan kode jahat yang disematkan oleh pelaku peretasan ke dalam siaran digital, dapat dengan mudah masuk ke Smart TV. Kode jahat itu dapat masuk ke televisi berbasis android, melalui celah yang terdapat pada perambaan di dalam televisi pintar tersebut.

Selanjutnya kode jahat yang dibuat untuk meretas itu, akan menyusup ke dalam root lavel access, lalu kemudian kode tersebut bisa memberikan beragam perintah secara virtual. Dengan kata lain, apabila kode peretasan itu sudah masuk ke dalam televisi berbasis android, maka perangkat tersebut akan dapat dikendalikan oleh peretas.

smart-tv-dapat-diretas

Rafael Scheel menambahkan “Cara peretasan dengan sinyal siaran digital ini, bisa dipakai untuk membobol dua Smart TV terbaru milik Samsung”.

Meskipun demikian, para pengguna Smart TV tidak perlu merasa khawatir. Karena untuk bisa melakukan peretasan, televisi pintar harus sedang menerima siaran dari saluran televisi yang memakai format DVB-T. Dan yang pasti perangkat tersebut harus dalam keadaan terhubung dengan internet pada waktu yang sama.

Penemuan yang diperoleh Rafael ini tentu saja dapat memberi peringatan kepada para produsen Smart TV, agar melakukan tindakan pencegahan. Contohnya dengan memberikan banyak pembaruan software untuk televisi berbasis android. Agar dapat memperkecil kemungkinan peretasan terhadap perangkat tersebut.