5 Situs Untuk Belajar Ngeblog Baik Pemula atau Mahir

Ngeblog – Ya itulah sebutannya bagi para penulis yang menyalurkan karyanya melalui blog mereka, saat ini tidak sedikit dari teman-teman yang memulai ngeblog demi mempublikasikan tulisannya, ataupun demi profesinya.


Kenapa sih kamu main blog? kenapa juga capek-capek nulis hanya untuk ngeblog doang,hmm jawabannya tentu berbeda-beda dari para blogger yang ada. Singkat cerita dengan melihat banyaknya ketertarikan beberapa orang untuk memulai ngeblog, berikut ini adalah situs yang saya rekomendasikan untuk kamu belajar ngeblog.

Terkadang akan sangat membingungkan bagi mereka yang sama sekali melakukan kegiatan barunya dari nol, bahkan tidak sedikit juga yang menanyakan “bagaimana caranya pak? saya bingung harus nulis apa, saya bingung ini itu dan lain sebagainya.

Mungkin saya bisa berbagi informasi dari mana kalian harus memulai, pertama niat ya hehehe. Setelah itu pastinya persiapan seperti internet dan wadah untuk menulisnya.

Sederhananya kamu bisa langsung praktekan dengan mendaftar blog di platform Blogger (gratis), disana kamu tidak akan dipungut biaya bahkan tidak perlu membayar hosting setiap bulannya atau membayar domain (nama blog) setiap tahunnya.

Daftarkan nama blog yang kamu inginkan (jika masih ada), jika sudah kamu hanya perlu memulai untuk menulis artikel disana, isi setidaknya 5 artikel terlebih dahulu, setelah itu saatnya kamu nongkrong di situs berikut ini:

Kumpulan Situs Belajar Ngeblog

Oiya sebelumnya saya ingin memberi tahu kalau, deretan situs yang saya jabarkan dibawah ini bukan berdasarkan situs atau blog siapa yang paling baik dalam segala aspek, karena semua situs tersebut semuanya baik, bagus, keren dan pastinya bermanfaat untuk kita, jadi urutannya saya acak seadanya.

1. PANDUANIM

Belajar-ngeblog-pemula

Hai, situs Panduan IM adalah blog yang mengajarkan kita untuk para internet marketing agar konten kita bisa lebih SEO Firendly dan tidak sedikit informasi yang hadir dari sana, dari motivai ngeblog sampai optimasi konten baik on page ataupun off page.

Panduan IM adalah blog yang menyajikan konten luar biasa, karena penjelasan dari sang pemilik blog sangatlah detil. Walau terkadang tidak sedikit juga yang berkomentar menanyakan hal lainnya jika ada yang belum di mengerti. Namun pemilik blog tersebut juga cukup ramah dalam membalas pesan komentar dari para pembaca, tak sedikit juga yang saling tegur sapa disana.

Keakraban tersebut terbilang jarang ditemui (oleh saya) di blog lainnya, mungkin juga saya yang kurang eksplorasi kesemua blogger Indonesia.

2. Blog Kang Ismet

Belajar-ngeblog-kang-ismet

Blog yang satu ini telah berdiri sejak tahun 2009 hingga sekarang, tidak sedikit juga para blogger sukses yang banyak belajar dari sana. Biasanya kamu yang memiliki blog dari blogspot, pasti tidak asing oleh blog yang dimiliki Kang Ismet. Seorang yang baik dalam menyajikan tutorial ngeblog bagi pemula hingga tingkat lanjut tersebut, juga ramah dalam menanggapi para pembaca.

Blog Kang Ismet menyediakan tutorial seputar JavaScript, HTML, AMP untuk Blogspot, CSS untuk mempercantik tampilan blog dan masih banyak lagi pelajaran dari sana.

Jadi buat kamu yang merasa baru memulai ngeblog, terutama pada platform Blogspot, rasanya Blog Kang Ismet oke juga buat di tongkrongin seharian.

3. KOMPI AJAIB

Belajar-ngeblog-kompiajaib

Sesorang yang sangat akrab di panggil Kang Adhy ini juga adalah pemain lama dalam perhelatan ngeblog, menyajikan konten-konten Internet Marketing, dari tips dan trik ngeblog hingga optimasi blog dari segi template. Namun jangan heran jika isi dari blog Kang Adhy ada yang bisa di bilang gado-gado, ya namanya juga kita Internet Marketer, tak sedikit juga konten iklan kepada sebuah produk misalnya.

Kompiajaib juga menyediakan berbagai template blogspot, yang mana kamu bisa mengunduhnya dengan gratis disana, yang tak terlewatkan adalah dari setiap template milik kang Adhy, beliau selalu memberikan tips dan tata cara pemakaiannya.

4. Mas Sugeng

Belajar-ngeblog-sugeng-id

Blog Mas Sugeng juga menjadi situs belajar ngeblog, yang saya rekomendasikan kepada para pembaca. Dengan memperhatikan banyak analisa mengenai ini itu seputar Dunia Blog dan SEO, bagi kamu yang kurang suka baca artikel panjang, rasanya kamu perlu menyiapkan waktu luang saat hunting bacaan disana, karena konten yang disajikan oleh Mas Sugeng juga begitu mendetil, mengalir adanya dan bersahabat saat dibaca.

Bagi kamu yang sedang santai misalnya baru selesai menulis artikel di blog kamu, rasanya cocok buat cari inspirasi tulisan dari sana.

5. Arlina Desain

Belajar-ngeblog-arlina-design

Deretan terakhir dari rekomendasi yang saya miliki adalah Blognya teh Arlina, seorang blogger wanita yang menekuni Dunia blog yang juga sering membagikan tips bermanfaat seputar ngeblog. Memiliki template gratis maupun Premium dengan harga murah, serta tips pengoptimasiannya.

Bagi blogger pemula rasanya cukup untuk menghabiskan waktu santai sambil mencerna banyak tips disana, dari cara belajar bahasa HTML, CSS, JavaScript, belajar SEO, hingga bacaan seputar Adsense.

Sekian ulasan dari saya, perlu diingat ya bahwa daftar diatas bukanlah satu-satunya situs blog yang mengajarkan blogger pemula untuk memulai ngeblog, ada blog lainnya yang juga bermanfaat dalam mengajarkan tata cara menjadi blogger yang hebat, seperti:

  • Bungfrangki
  • Maxmanroe
  • Mfahmi
  • Danlog
  • Klikmania
  • Juragan cipir
  • Dan masih banyak lagi

Semoga artikel ini bermanfaat ya.