Mengenal Lebih Jauh, Sistem Pengamanan Biometrik Pada Smartphone

Semakin majunya perkembangan zaman saat ini, membuat teknologi juga semakin dikembangkan. Terutama perkembangan teknologi dibidang ponsel android, yang saat ini banyak menggunakan sistem pengamanan Biometrik pada smartphone.

Seperti halnya sebuah rumah, untuk mengamankan rumah biasanya kita memberikan pengamanan yang lebih. Baik itu dengan mengunci pintu, memberikan pagar dan bahkan memberikan penjagaan dengan security. Hal ini kita lakukan tentu untuk menjaga rumah kita dari tindakan pencurian atau perampokan.

Serupa dengan rumah tadi, smartphone juga memerlukan pengamanan yang lebih, agar data yang terdapat di dalamnya tetap aman. Karena saat ini banyak aktifitas perbankan yang bisa kita lakukan melalui smartphone, sehingga ponsel pintar kita bisa saja menjadi sasaran kejahatan.

Untuk itulah para produsen smartphone terus mengembangkan sistem keamanan yang semakin hari jadi semakin lebih baik. Hal ini mereka lakukan agar dapat memberikan rasa aman kepada para konsumenya, dan percaya bahwa produk yang mereka buat memang aman.

Mengenal Sistem Pengamanan Biometrik Pada Smartphone

pemindai-sidik-jari-pengamanan-biometrik-pada-smartphone

Biometrik adalah studi tentang karakteristik biologi yang terukur, sementara dalam bidang teknologi saat ini banyak digunakan untuk sistem keamanan. Pada dunia ponsel android juga dikenal sistem pengamanan dengan metode ini, yang biasa disebut sistem keamanan Biometrik.

Sistem keamanan ini banyak digunakan pada model ponsel android keluaran terbaru, baik itu menggunakan sensor pengenalan sidik jari ataupun wajah. Teknologi ini sengaja dikembangkan untuk meminimalisir terjadinya pembobolan jika menggunakan sistem keamanan menggunakan password atau PIN.

Sistem keamanan yang menggunakan metode password memang rentan untuk dibobol. Hanya dengan melakukan penyadapan pada smartphone, maka peretas dapat dengan mudah mendapatkan kombinasi password tersebut. Pada akhirnya data-data penting pada smartphone akan dengan mudah dicuri oleh peretas.

Sistem keamanan Biometrik pada smartphone

pemindai-wajah-pengamanan-biometrik-pada-smartphone

Pengenalan sidik jari sendiri dipilih sebagai sistem keamanan pada smartphone, karena pola sidik jari yang dimiliki orang berbeda-beda. Sehingga sistem keamanan menggunakan sidik jari, dapat menjadi salah satu pengaman terbaik pada smartphone.

Selain sidik jari, baru-baru ini juga sudah mulai dikembangkan sistem keamanan menggunakan pengenalan wajah. Tapi sayangnya sistem keamanan menggunakan pemindai wajah ini, dikabarkan dapat dibobol dengan mudah. Seperti kabar yang beredar beberapa waktu lalu, bahwa sensor pengenalan wajah pada Samsung Galaxy S8 dapat dengan mudah dibobol dengan foto pemiliki smartphone.

Semakin maju dan berkembangnya teknologi, pastinya akan hadir sistem pengamanan Biometrik pada smartphone dengan metode lainnya. Mungkin saja di masa depan ponsel pintar, juga dapat menggunakan sistem keamanan dengan pengenalan retina mata. Sehingga bisa memberikan rasa aman yang lebih bagi para pengguna smartphone.