Sejarah Perangkat Wearable Device

Sejarah Perangkat WearableMerupakan produk teknologi yang melekat atau dapat di tempelkan di tubuh manusia. Beberapa contoh wearable device adalah seperti kacamata, jam tangan, baju, badgets, gelang, atau sepatu yang mana di dalam perangkat wearable tersebut telah di tambahkan sentuhan teknologi canggih.

Teknologi tersebut berhubungan dengan operasi komputer yang memperhatikan estetika dan fungsi yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi tahukah kamu sejarah dari perangkat wearable device itu sendiri?

sejarah-wearable

Sejarah Perangkat Wearable Device

Awal mula perangkat wearable sendiri telah mulai pada era 80-an. Saat itu, terdapat sebuah jam yang dilengkapi dengan kalkulator. Namun, istilah wearable sendiri baru populer setelah 2010, saat beberapa perusahaan teknologi seperti Google, Apple, dan Samsung turut mengeluarkan produk tersebut.

Jam kalkulator “pulsar” , Adalah Jam tangan pertama di dunia yang dirilis ke publik pada akhir tahun 1975 dan langsung mendapatkan popularitas dengan slogan “untuk pria yang memiliki segalanya sampai sekarang”. Presiden gerald ford dilaporkan menyatakan minatnya di harga $ 3.950 untuk edisi terbatas, yang memicu pemberitaan sebagian kecil media massa.

Tiga belas tahun setelah menciptakan perangkat ransel fotografi, steve mann menciptakan webcam nirkabel yang dapat dipakai dan mulai meng-upload gambar ke web, sampai tahun 1996. Menurut mann, proyek ke 2 ini adalah kamera yang digunakan untuk tampil di web.

Selanjutnya pada tahun 2006 Nike dan Apple bekerja sama untuk menciptakan nike + ipod, kit sport yang memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi gerakan kedalam iPod mereka. dalam kerjasama dengan mitranya, nike merilis beberapa item pakaian dengan kantong khusus dirancang untuk ipod.

Diatas merupakan sejarah singkat mengenai perangkat wearable, baca juga perkembangan perangkat wearable hingga saat ini di era modern. Perangkat ini sekarang lebih canggih lagi dan tentunya memiliki teknologi yang mumpuni, semoga bermanfaat informasi tersebut.