Sejarah Berdirinya Facebook Oleh Mark Zuckerberg

Facebook adalah jejaring sosial terbesar di dunia saat ini, yang didirikan pada tahun 2004 dan berkantor pusat di Menlo Park, California – Amerika Serikat. Yang menarik adalah sejarah berdirinya Facebook oleh Mark Zuckerberg, karena tidak terfikirkan olehnya, sekarang Facebook bisa jadi sebesar ini.

Pada tahun 2012 saja, tercatat situs jejaring sosial ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 miliar pengguna yang aktif. Lebih dari separuh pengguna itu merupakan masyarakat yang menggunakan telpon genggam, baik itu smartphone ataupun ponsel regular.

Sejarah Berdirinya Facebook

Facebook sendiri didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, serta Chris Hughesteman. Mereka semua adalah teman satu kamar dan semuanya terdaftar sebagai mahasiswa di Universitas Harvard. Pada awalnya Facebook hanya diperuntukan bagi mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas untuk perguruan lain yang ada di Boston seperti Ivy League, dan Universitas Stanford.

Secara perlahan namun pasti, akhirnya situs jejaring sosial yang didirikan Mark ini, semakin meluas penggunaannya ke universitas lain. Setelah itu sekolah menengah atas juga bisa ikut menggunakan situs tersebut, dan akhirnya semua orang yang berusia lebih dari 13 tahun juga dapat memiliki akun Facebook.

Sejarah berdirinya Facebook tidak lepas dari asal nama situs jejaring sosial ini, yang diambil dari sebuah buku pemberian pihak administrasi universitas, pada tahun akademik pertama. Pemberian buku itu ditujukan, agar sesama mahasiswa dapat mengenal satu dengan yang lainnya.

Facemash, cikal bakal berdirinya Facebook

facemash-sejarah-berdirinya-facebook

Sebelumnya Mark membuat sebuah situs bernama Facemash di bulan Oktober 2003, di universitas Harvard ketika masih berada di tahun kedua perkuliahan. Situs ini berisikan foto-foto yang Mark peroleh dari database mahasiswa harvard, dia mengambil data-data itu dengan cara meretas jaringan universitas.

Lalu pendiri Facebook ini mendapat ancaman hukuman dikeluarkan dari kampus. Karena tindakannya yang telah membobol server universitas, pelanggaran hak cipta, dan pelanggaran privasi individu. Tapi hukuman itu dibatalkan, dan Mark kembali memperluas proyek pertamanya ini di tahun itu.

Pada bulan Februari 2004 Mark meluncurkan situs barunya yang diberi nama The Facebook, lalu situs jejaring sosial ini diinkorporasikan pada musim panas tahun 2004. Pengusaha bernama Sean Parker, yang cukup sering memberi masukan kepada Mark, diangkat menjadi presiden perusahaan. Kantor situs jejaring sosial ini dipindahkan ke  Palo Alto, California pada bulan Juni 2004.

thefacebook-sejarah-berdirinya-facebook

Masih di bulan yang sama, perusahaan yang bergerak dibidang jejaring sosial itu, menerima investasi pertamanya dari Peter Thiel selaku pendiri pendamping PayPal. Lalu perusahaan ini mengubah namanya dari The Facebook menjadi Facebook pada tahun 2005. Setelah mereka membeli sebuah nama domain facebook.com seharga $200 ribu dollar Amerika.

Facebook merilis versi sekolah menengah atas di bulan September 2005, saat itu jaringan sekolah menengah memerlukan undangan agar bisa bergabung ke dalam Facebook. Kemudian situs jejaring sosial ini semakin diperluas keanggotaannya untuk karyawan dari beberapa perusahaan seperti Apple dan Microsoft.

Tanggal 26 September 2006 Facebook resmi dibuka untuk setiap orang yang berusia di atas 13 tahun, dengan menggunakan alamat email yang sah. Dan pada Oktober 2007 Microsoft membeli 1.6% saham milik Facebook seharga $240 juta dollar. Pembelian saham yang dilakukan Microsoft ini meliputi haknya untuk menyematkan iklan internasional di halaman Facebook. Pada bulan Oktober 2008, Facebook secara resmi membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia.

Akuisisi Instagram dan WhatsApp oleh Facebook

Perusahaan yang bergerak dibidang jejaring sosial ini semakin berkembang pesat, hingga dapat menciptakan berbagai macam teknologi serta fitur menarik pada Facebook. Kesuksesan Facebook menarik perhatian seorang penulis cerita dalam film bernama David Fischer, dan menuangkannya dalam sebuah film berjudul The Social Network. Film itu menceritakan perjalanan Mark Zuckerberg dalam mendirikan dan mengembangkan Facebook sampai sebesar ini.

Pada tahun 2012 perusahaan ini tertarik untuk mengakuisisi Instagram. Facebook pun berhasil membeli Instagram seharga $1 miliar dollar Amerika, yang pada saat itu penggunanya sudah mencapai 1 miliar orang.

mark-Zuckerberg-sejarah-berdirinya-facebook

Lalu di bulan Oktober 2014 Facebook juga telah berhasil mengakuisisi salah satu aplikasi chatting terbesar yakni, WhatsApp. Mereka membeli WhatsApp seharga $22 miliar dollar Amerika, dengan catatan Facebook tidak boleh sembarangan menggunakan data pengguna WA untuk beriklan.

Keberhasilan situs jejaring sosial ini dalam mengakuisisi WhatsApp dan Instagram, menambah daftar kesuksesan pada sejarah berdirinya Facebook. Dan membuat nama Mark Zuckerberg, masuk dalam jajaran salah satu entrepreneur muda yang sukses.

Sejak saat itu Jam Koum selaku pendiri WhatsApp yang sekaligus menjabat sebagai pemimpin perusahaan, resmi bergabung dengan Facebook. Seperti Mark Zuckerberg, Jam Koum juga menerima gaji hanya $1 dollar, tapi akan menerima pembayaran saham sebesar $2 miliar dollar selama empat tahun.