Saingi Google, Pinterest Menguji Fitur Lens Terbaru

Beberap waktu yang lalu, tepatnya pada ajang I/O 2017, Google memperkenalkan fitur terbaru yang disebut Google Lens. Layanan ini merupakan gabungan pengelihatan komputer dan AI, yang disatukan dalam sebuah aplikasi pendukung kamera. Ternyata Pinterest menguji fitur Lens beta yang serupa dengan fitur Lens milik Google.

Pihak Pinterest sendiri menyampaikan, bahwa fitur Lens terbaru yang masih dalam versi beta ini, dapat membantu pengguna. Terutama untuk keperluan belajar memasak makanan enak hanya melalui gambar atau foto. Lansiran dari Android Authority mengatakan, bahwasanya fitur Lens miliki Pinterest telah dapat mengenali objek, yang terdapat pada 750 lebih kategori gambar.

Pinterest Menguji Fitur Lens Terbarunya

Saingi Google, Pinterest Menguji Fitur Lens Terbaru 1
source: pinimg

Berkat adanya update terbaru, kini fitur beta Lens dapat mengambil gambar makanan, dan mencarikan ide terkait cara membuatnya, dengan cara mencarikan resepnya secara online. Update tersebut juga memungkinkan para pengguna, untuk mempersempit pencarian resep masakan. Nantinya pencarian akan dipersempit berdasarkan diet, waktu, serta bahan masakan yang ada di rumah.

Tidak hanya itu, pada update terbaru ini, aplikasi Pinterest juga dapat menampilkan peringkat daftar resep menggunakan bintang. Sehingga pengguna bisa memilih resep yang memiliki peringkat atau bintang paling banyak.

Peringkat yang terdapat pada resep tersebut, didapatkan dari situs para ahli makanan seperti Food Network, Martha Stewart dan Epicurious. Review resep makanan tersebut, kemungkinan juga akan ditambahkan tips untuk memastikan versi resep tersebut sama bagus dengan yang mereka miliki.

Pinterest menguji fitur Lens, mirip Google Lens

Saingi Google, Pinterest Menguji Fitur Lens Terbaru 2
source: msecnd

Fitur Lens yang tengah diuiji oleh Pinterest ini, bisa dikatakan sangat menyerupai Google Lens milik Google. Dimana fitur Lens milik Google itu dapat mengenali sebuah objek yang dipindai menggunakan kamera smartphone. Untuk kemudian Google Lens akan menampilkan informasi yang relevan, terkait dengan objek yang dipindai.

Selain itu, dengan menggunakan Google Lens pengguna juga bisa menghubungkan smartphone ke jaringan WiFi di rumah. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu memindai stiker router yang terdapat di rumah, lalu Google Lens akan mengenali kode dan barcode yang terdapat di stiker itu. Selanjutnya pengguna akan diberikan pilihan untuk menghubungkan ke jaringan WiFi atau tidak.