Robot Patroli Mulai Gantikan Profesi Satpam di Singapura

Robot Patroli – Teknologi sendiri di era modern saat ini telah banyak kemajuan, dan sangat membantu kita dalam melakukan berbagai kegiatan. Bahkan robot sekarang di negara Singapura telah digunakan sebagai pengganti satpam yang dapat berkeliling dalam satu area dengan keamanan terbaik.

Sebuah perusahaan jasa keamanan lokal yang bernama Ademco meluncurkan layanan sewa robot otomatis untuk mengatasi kekurangan tenaga keamanan (satpam) di Singapura. Robot ciptaan SMP Robotics yang berbasis di San Francisco ini disesuaikan dengan iklim tropis Singapura, yang memiliki panas dan tingkat kelembapan tinggi.

Spesifikasi Robot Patroli Pengganti Satpam

robot-pengganti-satpam

Ademco berharap, robot ini akan membantu penambahan tenaga keamanan di negara tersebut. Spesifikasi dari robot patroli ini lebih mirip dengan mobil-mobilan yang memiliki 5 kamera di leher panjangnya dan 2 kamera depan. Robot ini memiliki tinggi 1,6 meter dan mempunyai 4 roda yang dapat berjalan sesuai area yang di programkan.

Dia dapat merekam plat nomor kendaraan dan dapat berputar 360 derajat melihat sekelilingnya dalam jarak hingga 10 meter. Robot ini juga dapat mendeteksi keadaan tidak normal seperti kebakaran atau suara bising, otomatis mengirimkan peringatan berbahaya ke pusat komando selama 24 jam.

Untuk dua robot keamanan yang bekerja 12 jam per hari, perusahaan bisa menghabiskan hingga 8.000 dolar (sekitar Rp 75,5 juta) per bulan. Sementara, robot bisa beroperasi hampir sepanjang hari, dikurangi waktu isi baterai, memakan biaya sekitar 500 dolar (sekitar Rp 4,7 juta).

Teknologi Robot patroli ini sangat berguna dalam menjaga keamanan gedung atau area parkir yang dijadikan sasaran kejahatan. Sayangnya robot tersebut baru dapat digunakan di Singapura, semoga saja Indonesia sendiri dapat menggunakan jasa robot sebagai pengganti satpam.