Robot Kaspar, Membantu Penyandang Autisme Untuk Bersosialisasi

Perkembangan jaman dalam bidang teknologi yang kian pesat, membuat para pengembang menciptakan sebuah perangkat canggih dan berguna. Salah satu perangkat bermanfaat yang berhasil dikembangkan, yakni robot Kaspar pembantu anak autisme.

Telah kita ketahui sebelumnya, seseorang yang mengidap suatu kelainan akan sangat susah sekali untuk berkomunikasi. Nah, dengan diciptakannya sebuah robot bernama Kaspar ini diraharapkan mampu bereinteraksi dengan penyandang autis.

Robot Kaspar Membantu Autisme

Belum lama ini, telah hadir sebuah robot Kaspar yang dapat membantu kekurangan seseorang penyidap penyakit autisme di London, Inggris.

Robot ini dikembangkan oleh Universty of Hearfordshire, semata-mata demi mempermudah anak autis dalam berkomunikasi dan bersosialisai.

Uniknya, Kaspar akan memberikan interaksi ketika anak autis melakukan suatu perlakuan kasar seperti memukul-mukul robot dengan perkataan “Oh, itu membuat saya sakit”.

robot-kaspar

Kaspar dapat menyanyikan lagu, meniru cara makan, memainkan alat musik, dan menyisir rambut.

Kerstin Dautenhahn, selaku profesor Universitas Hertfordshire mengatakan jika visi dan misinya adalah membuat setiap anak autis di sekolah atau di rumah bisa lebih berinteraksi dan bersosialisasi.

Menurut Carol Povey (Direktur National Autistic Society’s Centre for Autis), bahwa robot Kaspar adalah satu dari sejumlah teknologi yang memiliki potensi untuk membuat perbedaan bagi orang-orang autis.

Bagaimana menurut kalian mengenai pembahasan diatas, semoga saja di negara Indonesia juga terdapat robot seperti itu. Selain itu, ternyata juga terdapat robot Octopus Gripper dengan lengan gurita untuk memudahkan aktifitas manusia.