Seberapa Baik Si Ponsel Terjangkau realme C2?

1,487

Teknobosrealme C2 Di zaman teknologi seperti sekarang ini, ponsel canggih semakin bertebaran. Mulai dari jumlah kamera, kapasitas baterai, memori, dan chipset dengan RAM yang mengalahkan komputer sudah ada. Tapi biasanya kecanggihan itu hanya bisa ditemukan di ponsel harga mahal.

Sulit untuk bisa merasakan teknologi yang mumpuni di ponsel kelas bawah atau harga di bawah dua jutaan. Banyak vendor yang masih memberikan perhatian ke segmen ponsel kelas pemula. realme salah satunya. Manufaktur asal Cina ini masih serius untuk mencaplok pangsa sebesar-besarnya melalui produk terjangkau nan mumpuni.

Strategi tersebut terbukti dari kehadiran ponsel generasi kedua dari realme C1. realme C2 hadir dengan harga yang menarik, yakni mulai dari Rp1,499 juta, dan juga spesifikasi yang tidak bisa diremehkan. Mari kita ulik seberapa baik ponsel terjangkau tersebut.

realme C2 Spesifikasi Lengkap

Desain

Tidak mengikuti tren yang sekarang penuh dengan permukaan mengkilap, hp realme C2 hadir dengan desain baru. Permukaan plastik doff dipilih realme sebagai material utama pembungkus bodi. Kualitasnya baik, ponsel terasa kokoh saat dipegang.

Namun yang paling unik adalah keberadaan tektur garis-garis yang mereka bilang sebagai diamond cut desain. Intinya garis-garis tersebut merupakan garis-garis tiga dimensi yang bisa memantulkan cahaya secara unik. Kesan kemewahan terlihat di sini.

Kelebihannya adalah permukaan seperti itu tidak akan menjadi magnet bagi sidik jari. Karena sayang dalam paket pembeliannya tidak disertai dengan aksesori pelindung seperti softcase.

Di Indonesia, realme C2 tersedia dalam dua pilihan warna, diamond blue dan diamond black. Secara personal, saya lebih suka warna birunya, karena terlihat muda dan beda dengan kompetitor. Namun keberadaan warna hitam merupakan kewajiban. Karena untuk pengguna orang tua misalnya, realme C2 akan tetap pantas mereka gunakan.

Layar kekinian

Layar besar menjadi salah satu poin jualan utama dalam smartphone realme C2. Tidak terlalu besar sebenarnya, namun sudah mencapai ukuran 6,1 inci. Resolusinya juga sudah HD+ sehingga terasa pas sejalan dengan ukuran dimensi ponsel saat digenggam dengan satu tangan.

Seperti biasa, sebagai ponsel kekinian, poni merupakan hal wajib. Realme memasangkan poni dengan bentuk tetesan air atau mereka senang dengan menyebutnya melalui kata dewdrop. Poni tersebut merupakan kompensasi dari keberadaan kamera depan untuk menciptakan rasio layar ke bodi yang luas hampir mencapai 90 persen.

Baterai besar

Baterai merupakan poin kedua yang diunggul-unggulkan di sini. Layar besar dan baterai besar. Kapasitas baterainya mencapai ukuran 4.000mAh. Sayangnya tidak disertakan teknologi pengisian daya cepat di realme C2. Untuk pengecasan dibutuhkan waktu sekitar dua setengah jam. Tergolong standar ponsel di kelasnya.

 

Performa oke

Realme C2 dipasangkan prosesor cta-core dari MediaTek. Jenisnya adalah MTK 6762R atau Helio P22 dengan kecepatan clock CPU hingga 2.0GHz. Jenis cip yang berprinsip performa bukan segalanya, tetapi lebih ke keseimbangan daya tahan baterai.

Realme C2 sudah berjalan di sistem operasi Android Pie 9.0 yang dibalut dengan antarmuka Color OS 6.0.

Performanya mumpuni jika bicara di kelasnya. Tidak ada masalah di sini dalam menelusuri antarmukanya atau menjalankan aplikasi-aplikasi populer. Tapi jangan harap bisa memainkan game berat seperti PUBG dengan grafis tertinggi.

Kamera dual bisa Slo-mo

Realme C2 sudah membawa konfigurasi masa kini yaitu dual camera, konfigurasi yang dipertahankan dari C1. Kamera utamanya memiliki resolusi 13MP dan 2MP sebagai pendeteksi kedalam untuk fitur bokeh.

Selain mode Portrait, terdapat juga mode-mode lain seperti HDR dan AI Beauty selfie untuk kamera depan yang beresolusi 5MP. Uniknya, sekaligus yang menjadi nilai tambah dari C2 adalah pada bagian perekaman video. Untuk urusan video, kamera utamanya mampu melakukan perekaman hingga 1080p juga mode Slo-mo 80fps/480p.

Kesimpulan

Dengan harga realme C2 jual tertinggi Rp1,699 juta untuk kapasitas memori 3GB+32GB, realme C2 masih menjadi pilihan yang menarik bagi yang memiliki dana terbatas. Dengan desain berbeda dengan yang lain, spesifikasi mumpuni di kelasnya, dan fitur kamera istimewa dengan slo-mo, saya rasa realme C2 layak untuk dimiliki.